Home / Nasional

Kamis, 10 Februari 2022 - 23:37 WIB

Jokowi: Pemerintah Tegas tidak Tempuh Cara Inkonstitusional

Jakarta, IDN Hari Ini – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Pemerintah berupaya untuk tidak menempuh langkah dan cara yang bersifat inkonstitusional atau bertentangan dengan konstitusi Undang-Undang Dasar 1945.

Menurut Presiden, Pemerintah tidak akan dengan sengaja mengeluarkan kebijakan yang menabrak nilai-nilai konstitusional, walaupun di tengah kondisi pandemi COVID-19.

“Tidak pernah terlintas dalam pikiran Pemerintah sedikit pun bahwa dengan mengatasnamakan pandemi COVID-19, Pemerintah dengan sengaja menempuh langkah-langkah dan cara-cara inkonstitusional, menabrak prosedur dan nilai-nilai demokrasi konstitusional,” kata Presiden dalam Sidang Pleno Khusus Penyampaian Laporan Mahkamah Konstitusi, di Jakarta, Kamis.

Presiden menjelaskan bahwa dalam penanganan pandemi COVID-19, Pemerintah memang dituntut untuk menempuh langkah-langkah luar biasa (extra ordinary).

Namun demikian, langkah maupun kebijakan yang ditempuh itu tetap berada dalam koridor hukum dan konstitusi, serta didasarkan melalui pertimbangan yang cermat dan penuh kehati-hatian.

Oleh karena itu, sebagai negara hukum, Presiden mengajak penegakan hukum untuk kepentingan rakyat dan kemajuan bangsa.

Presiden juga mengakui bahwa Pemerintah tidak selalu sependapat dengan pandangan Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai lembaga pengawal konstitusi negara.

Namun, Pemerintah menerima keputusan MK, sesuai dengan ketentuan UUD 1945 yang menyebutkan bahwa keputusan MK bersifat final dan mengikat.

“Memang Pemerintah tidak selamanya sependapat dengan MK dalam putusan-putusannya, tetapi Pemerintah selalu menerima, selalu menghormati dan melaksanakan putusan-putusan MK,” kata Presiden Jokowi.( IDN )

Baca Juga  Bahaya'Kebangkitan Khilafah' Mulai Diselidiki Polisi

Tag: Viral presiden, Pemerintah, Inkonstitusional

Share :

Baca Juga

Daerah

Menghadapi Pemilihan Umum Tahun 2024 Polda Maluku Terus Melatih Personelnya, Untuk Meningkatkan Kemampuan Dlam Pengamanan Pelaksanaan Pemilu.

Daerah

Bupati Humbahas Bagikan Susu Ke Balita Stunting Dalam Kunjungannya Ke Kecamatan Pollung

Daerah

Pemkab Humbahas Turut Hadiri Ibadah KK, Pdt. Stepen Tong Di Lapangan Merdeka Dolok Sanggul

Daerah

Samosir Danau Toba Negeri Kepingan Surga

Daerah

Hotel Dan Penginapan Melonjak saat Aquabike Jetski Danau Toba 2023

Cirebon

Peduli Warisan Budaya, Polresta Cirebon Resmikan Revitalisasi Situs Mbah Kuwu Sangkan

Daerah

Polresta Cirebon Tanam Ribuan Bibit Tanaman Dalam Penanaman Pohon Serentak se-Indonesia

Budaya

Bupati Samosir Tanam Pohon Situs Rumahela Pusuk, Dalam Rangka Edukasi Wilayah Festival Leluhur Batak

Contact Us