Home / Nasional

Kamis, 10 Februari 2022 - 23:37 WIB

Jokowi: Pemerintah Tegas tidak Tempuh Cara Inkonstitusional

Jakarta, IDN Hari Ini – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa Pemerintah berupaya untuk tidak menempuh langkah dan cara yang bersifat inkonstitusional atau bertentangan dengan konstitusi Undang-Undang Dasar 1945.

Menurut Presiden, Pemerintah tidak akan dengan sengaja mengeluarkan kebijakan yang menabrak nilai-nilai konstitusional, walaupun di tengah kondisi pandemi COVID-19.

“Tidak pernah terlintas dalam pikiran Pemerintah sedikit pun bahwa dengan mengatasnamakan pandemi COVID-19, Pemerintah dengan sengaja menempuh langkah-langkah dan cara-cara inkonstitusional, menabrak prosedur dan nilai-nilai demokrasi konstitusional,” kata Presiden dalam Sidang Pleno Khusus Penyampaian Laporan Mahkamah Konstitusi, di Jakarta, Kamis.

Presiden menjelaskan bahwa dalam penanganan pandemi COVID-19, Pemerintah memang dituntut untuk menempuh langkah-langkah luar biasa (extra ordinary).

Namun demikian, langkah maupun kebijakan yang ditempuh itu tetap berada dalam koridor hukum dan konstitusi, serta didasarkan melalui pertimbangan yang cermat dan penuh kehati-hatian.

Oleh karena itu, sebagai negara hukum, Presiden mengajak penegakan hukum untuk kepentingan rakyat dan kemajuan bangsa.

Presiden juga mengakui bahwa Pemerintah tidak selalu sependapat dengan pandangan Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai lembaga pengawal konstitusi negara.

Namun, Pemerintah menerima keputusan MK, sesuai dengan ketentuan UUD 1945 yang menyebutkan bahwa keputusan MK bersifat final dan mengikat.

“Memang Pemerintah tidak selamanya sependapat dengan MK dalam putusan-putusannya, tetapi Pemerintah selalu menerima, selalu menghormati dan melaksanakan putusan-putusan MK,” kata Presiden Jokowi.( IDN )

Baca Juga  Akrindo Desak Kapolres Nias Tangkap Pelaku Penganiayaan terhadap Wartawan

Tag: Viral presiden, Pemerintah, Inkonstitusional

Share :

Baca Juga

Nasional

 Brigjen Andi Rian Djajadi Irjen Napoleon Perintahkan Petugas Jaga Rutan Pangkat Bintara

Nasional

Jokowi Longgarkan Aturan PPKM Lanjutan

Nasional

Pemerintah Tiadakan Cuti Bersama Natal 2021

Nasional

Bambang Susetyo Ketua MPR RI Apresiasi  Peluncuran Animasi Butir-Butir Pancasila

Nasional

Dianggap Langgar Prokes Covid-19,  Dua Remaja Dianiaya Oknum TNI

Nasional

Sri Mulyani  Angkat Persoalan Korupsi  Pemerintahan Kabupaten Probolinggo Melalui Akun Istagram

Nasional

Sumber Bencana Masyarakat Toba Kitaran Kaldera Toba

Nasional

Emrus: Jokowi Blusukan Malam-malam Melakukan Uji Petik

Contact Us