Home / Cirebon

Selasa, 5 April 2022 - 20:31 WIB

Ajak Warga Peduli Pengelolaan Sampah dari Hulu hingga Hilir

 Indonesia hari ini – Com. CIREBON – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon mengajak seluruh masyarakat agar peduli dengan kebersihan dan pengelolaan sampah.

Sekretaris Dinas Lingkungan HIdup ( DLH) Kota Cirebon, Ujianto Wahyu Utomo, ATD., mengatakan, pengelolaan kebersihan lingkungan merupakan salah satu program prioritas Pemda Kota Cirebon.

Guna menyukseskan agar Kota Cirebon bersih diperlukan juga peran masyarakat. “Kita terus berupaya agar masyarakat juga turut berperan untuk mewujudkan Kota Cirebon bersih,” kata Ujianto, Sabtu (26/3/2022).

Baca Juga  Datangi Kapolda Jabar, Pedagang Pasar Pasalaran Bahagia Minyak Goreng Curah Tersedia

Ujianto menjelaskan, dalam pengelolaan sampah misalnya, pihaknya melakukan pengelolaan dari hulu ke hilir. Mulai dari sampah rumah tangga, pelaku usaha, hingga sampah yang di tempat umum.

“Kalau sampah rumah tangga akan dibawa ke TPS kemudian diangkut ke TPA. Pelaku usaha yang sudah bekerjasama kita jemput untuk dikirim ke TPA. Sedangkan sampah di jalan, kita ada petugas sapuan,” jelasnya.

Baca Juga  SMKN1. Lemah Abang Kabupaten Cirebon Terapkan PTM 100 Persen

Masih dikatakan Ujianto, pihaknya ingin volume sampah yang dikirim ke TPA bisa berkurang. Ini memerlukan peran masyarakat dengan cara mengurangi sampah dimulai dari tingkat rumah tangga.

“Pemerintah daerah juga memiliki program daur ulang sampah yang dikelola di Pusat Daur Ulang Sampah. Di tempat ini, petugas melakukan pemilahan sampah, organik dan anorganik,” kata dia.

Ujianto mengatakan, untuk tingkat rumah tangga, pihaknya akan memberikan edukasi terkait 3R, yakni reduce, reuse dan recycle.

Baca Juga  Elang Tomy Iplaludin :Tanaman SMPN. 4 Kota Cirebon Persiapkan Rintisan Adiwiyata.

Selain itu, lanjut Ujianto, di beberapa RW juga sudah tersedia bank sampah yang berfungsi untuk memilih dan memilah sampah yang memiliki nilai ekonomis, misalnya plastik dan besi.

“Sampah bisa memiliki nilai ekonomis. Melalui bank sampah, maka sampah yang dikirim ke TPA Kopiluhur juga makin berkurang,” katanya. ( Nr / Hms)

Share :

Baca Juga

Cirebon

Sekda Rahmat Buka Kegiatan Sosialisasi Tata Hubungan Kerja

Cirebon

Jawa Barat : Kapolresta Cirebon Monitoring Vaksinasi Massal di Puskesmas Nanggela

Cirebon

Polresta Cirebon Gelar Salat Gaib dan Doa Bersama untuk Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan

Cirebon

Datangi Kapolda Jabar, Pedagang Pasar Pasalaran Bahagia Minyak Goreng Curah Tersedia

Cirebon

Berhasil Wujudkan Kamseltibcarlantas Saat Arus Mudik dan Balik, KBO Satlantas Diganjar Penghargaan dari Kapolda Jabar

Cirebon

Polresta Cirebon Terima Bantuan Satu Unit Mobil Ambulance dari Bank BRI

Cirebon

Kapolresta Cirebon Hadiri Panen Raya Ikan Air Tawar Hasil Budidaya Eks Napiter

Cirebon

SMKN1. Lemah Abang Kabupaten Cirebon Terapkan PTM 100 Persen

Contact Us