Badan Pusat Statistik Laksanakan Sensus Pertanian (BPS) Di Kabupaten Humbang Hasundutan

IDN Hari Ini, Humbang Hasundutan – Mulai  tanggal 1 Juni-31 Juli 2023, BPS (Badan Pusat Statistik) akan melaksanakan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan. ST2023 ini dirancang agar dapat menangkap seluruh aktivitas ekonomi masyarakat khususnya Sektor Pertanian.

ST2023 bertujuan dan bermanfaat untuk memberikan gambaran secara komprehensif terkait kondisi pertanian terkini hingga wilayah terkecil, Peningkatan kwalitas statistik pertanian (benchmark untuk kerangka sampel survei pertanian). Termasuk peningkatan kwalitas desain kebijakan rujukan dalam penyusunan kebijakan strategis sektor pertanian.

Baca Juga  Pastikan Tak Ada Pungli, UPP Saber Pungli Kabupaten Cirebon Datangi Sejumlah Pusat Keramaian Warga

Demikian dikatakan Kepala BPS Humbahas Ir. Rudy H. Harianja. Sensus Pertanian 2023, Mencatat Pertanian Indonesia untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani, di doloksanggul kamis (25/5/2023).

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam melakukan analisis pembangunan ekonomi suatu wilayah. Pertumbuhan ekonomi suatu wilayah menjadi tolak ukur keberhasilan pembangunan dan menjadi gambaran tingkat kesejahteraan masyarakat secara umum.

Baca Juga  Operasi Keselamatan Lalu Lintas Salawaku 2024,Dirlantas Polda Maluku: Kepatuhan Masyarakat Meningkat

Tahun 2022, ada lima sektor/lapangan usaha perekonomian utama di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sektor Pertanian merupakan penopang perekonomian yang paling besar berkontribusi, yaitu sebesar 43,47% terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar Harga Berlaku tahun 2022, diikuti Perdagangan 16,44%, Konstruksi 14,65%, Pemerintah 10,25%, sedangkan Akomodasi Makan Minum 3,30%.

Perekonomian Kabupaten Humbang Hasundutan sejak 2018-2022 mengalami pertumbuhan rata-rata 3,22% setiap tahun. Kondisi Perekonomian daerah ini sesuai dengan sensus dan survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Humbang Hasundutan.

Baca Juga  Tiga Orang Pengurus KONI Kota Tangerang, Resmi Di Nonaktifkan

“Nah, bagi sahabat data pelaku usaha pertanian, tunggu kedatangan dan sambut Petugas ST2023 di rumah anda mulai tanggal 1 Juni-31Juli 2023 ini. Berikan jawaban yang benar dan jujur ” harap Rudy H. Harianja. (Manda)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kenal Pamit Kapolres Humbang Hasundutan

Regional

Uji Materi UU Pers di MK Segera Disidangkan

Daerah

Tiga desa di Namlea kabupaten buru mendapat rekomendasi pemungutan suara ulang (PSU)

Nasional

Wakil Ketua MPR RI, AhmadBasarah Ajak GM FKPPI Perkuat Benteng Pancasila Hadapi Era Metaverse

Banten

“Ketidaksetaraan Pembangunan: Warga RW 008 Selapajang Jaya – Neglasari Kota Tangerang, Terus Berjuang dengan Tantangan dan Keterbatasan”

Cirebon

Polresta Cirebon Distribusikan Puluhan Hewan Kurban ke Sejumlah Pondok Pesantren

Daerah

Polres Humbang Hasundutan Laksanakan Giat Halalbihalal

Banten

HMI Anggap Sistem Proporsional Tertutup Sangat Membatasi Partisipasi Publik dan Titik Nadir Politik Kita

Contact Us