Home / Politik

Jumat, 15 Oktober 2021 - 08:18 WIB

Ganjar Diantara  Perseteruan Celeng VS Banteng

Jakarta, IDN Hari Ini – fenomena munculnya kelompok di internal PDI Perjuangan yang menamakan diri Barisan Celeng Berjuang. Jamiluddin menyatakan permasalahan celeng vs banteng di tubuh PDIP hanya bisa diselesaikan oleh Ganjar Pranowo

Menurut Jamiluddin perseteruan ini terjadi antara simpatisan Ganjar yang terdiri kader PDIP dan masyarakat melawan para elite partai banteng mulut putih. 

“Perseteruan ini menggambarkan pertarungan arus bawah yang mewakili akar rumput dan arus atas petinggi struktural PDIP,” kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Jumat (15/10) Dosen Universitas Esa Unggul itu menyatakan kelompok elite PDIP tidak ingin para kadernya terlibat dalam dukung mendukung capres dan harus menunggu keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Baca Juga  Wakil Ketua MPR  Arsul Sani  Amandemen UUD 1945 Hanya PPHN, Bukan Tunda Pemilu

“Namun, umum sudah mengetahui mereka (elite PDIP) mendukung Puan Maharani untuk menjadi capres,” lanjutnya.  Baca Juga: Kisruh Celeng di PDIP, Adi Prayitno: Bisa Merugikan Partai Hal ini, menurut Jamiluddin, yang membuat kader pendukung Ganjar Pranowo marah dan melakukan pembangkangan.  “Kelompok ini jelas-jelas mengabaikan sebutan celeng, bahkan menjadikannya sebagai bentuk perlawanan terhadap arus atas,” jelasnya. 

Baca Juga  Kader PDIP dan Ketua DPR Dinilai Paling Pas Mencalonkan  Presiden Indonesia 2024

Jamilludin menegaskan perseteruan ini akan mereda jika Gubernur Jawa Tengah itu turun tangan dan secara terbuka meminta para sukarelawan dan sejumlah kader PDIP pendukungnya untuk menghentikan gerakan.


“Kalau itu dilakukan Ganjar, setidaknya akan terkuak bahwa kehadiran para sukarelawan benar-benar tanpa seizinnya atau tanpa sponsor tertentu yang memang diketahui Ganjar,” tuturnya.  Dia juga menilai jika Ganjar Pranowo turun tangan, hal itu juga akan membantah anggapan dirinya berambisi untuk menjadi presiden.  “Arus atas juga akan dengan sendirinya tidak akan lagi menyudutkan Ganjar. Ganjar akan dinilai darahnya memang tetap banteng,” ujar Jamiluddin. ( IDN )

Share :

Baca Juga

Politik

Puan Sebagai Cucu Ideologis dan Biologis Bung Karno, Figur Capres 2024

Politik

Kader PDIP dan Ketua DPR Dinilai Paling Pas Mencalonkan  Presiden Indonesia 2024

Politik

Emrus Sihombing: Jubir Kementerian Bukan Pesuruh Menteri

Politik

Tepis Perpecahan  Internal Golkar, Luhut-Airlangga Semakin Mesra

Politik

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto Mengajak Seluruh Kader Untuk Semakin Kompak Dan Solid

Nasional

Big Data  Percakapan 110 Juta Orang di Medsos Dukung Penundaan Pemilu 2024.

Politik

Bantuan Ganjar Tuai Polemik

Politik

Emrus: Pencalonan Anies Membuat NasDem Berada dalam Posisi Sulit

Contact Us