Home / Nasional

Senin, 26 Juli 2021 - 19:34 WIB

Jokowi Longgarkan Aturan PPKM Lanjutan

Jakarta, IDN Hari Ini.com – (26/07/2021) Presiden Joko Widodo kembali memutuskan kelanjutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4  hingga satu minggu ke depan.

Keputusan itu diambil Jokowi berdasarkan hasil evaluasi kebijakan pelaksanaan pembatasan pada pekan lalu yang menghasilkan hasil positif berupa perbaikan tren kasus Covid-19.

“Laju penambahan kasus, Bed Occupation Rate, dan Positivity Rate mulai menunjukkan tren penurunan seperti yang terjadi di beberapa provinsi di Jawa” kata Jokowi (25/7).

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus 2021” terang Jokowi saat streaming konferensi pers melalui  YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/07/2021).

Baca Juga  Peluncuran Core Values  Kejutan dari Presiden untuk Seluruh PNS dan PPPK

Pelonggaran beberapa aktifitas dan mobilitas masyarakat disesuaikan secara bertahap pada pelaksanaan PPKM Level 4 sesi ini, yang secara teknis pelaksanaannya akan diatur dan ditetapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Mulai dari pasar rakyat yang menjual sembako sehari hari diperbolehkan buka seperti biasa dan pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari hari diijinkan buka hingga pk.15.00 dengan kapasitas maksimal pengunjung 50 persen. Pedagang kaki lima toko kelontong agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha kecil lain yang sejenis diijinkan buka hingga Pk.21.00. Kemudian untuk warung makan, lapak jalanan atau sejenisnya yang memiliki usaha di ruang terbuka, diijinkan buka hingga Pk.20.00 dengan maksimal waktu makan pengunjung 20 menit. Semuanya harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca Juga  Calaon Ibukota Baru Dibanjiri Penduduk

Presiden juga memperintahkan kepada jajarannya untuk meningkatkan kapasitas Rumah Sakit, isolasi terpusat dan ketersediaan oksigen di semua daerah terutama pada daerah yang mencatatkan angka kematian tinggi serta peningkatan angka testing, tracing dan respon treatment yang cepat untuk menekan laju penularan dan menekan angka kesembuhan.

Baca Juga  Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme, Korem 071 Wijayakusuma Gelar Pembinaan.

“Dengan usaha keras kita bersama Insya Allah kita bisa segera terbebas dari Covid-19 dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali normal” himbau Jokowi. (Nfc/Kbt)

Share :

Baca Juga

Nasional

Presiden Naik Perahu Seberangi Sungai untuk Sapa Warga

Nasional

Dukcapil Ingatkan Masyarakat Hati-Hati Jaga Kerahasiaan Data Dan Dokumen Kependudukan

Nasional

Jusuf Kalla:  NU Seperti McDonald’s

Nasional

Kemdagri Terjunkan Tim Asistensi Instalasi ADM Ke Berbagai Daerah

Nasional

Emrus Sihombing : Jubir Presiden Pengganti Fadjroel Harus Berlatar Belakang Komunikasi dan Dekat Dengan Jokowi

Nasional

Presiden: Omicron Dapat Disembuhkan Tanpa Harus Rumah Sakit

Nasional

Togu Simorangkir : PT. TPL Tutup, Menyengsarakan Masyarakat Toba

Nasional

Komunikolog: PPKM Sulit Tidak Diperpanjang dan Bisa Jadi Diperpenjang Lagi

Contact Us