Home / Nasional

Rabu, 18 Agustus 2021 - 06:45 WIB

Komunikolog: PPKM Sulit Tidak Diperpanjang dan Bisa Jadi Diperpenjang Lagi

Jakarta, IDN Hari Ini.com –  Komunikolog Indonesia Emrus Sihombing berhipotesa dari aspek komunikasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sulit tidak diperpanjang dan bisa jadi diperpenjang lagi.

“Saya berhipotesa dari aspek komunikasi, PPKM sulit tidak diperpanjang dan bisa jadi diperpenjang lagi,  selama  belum dilakukan strategi komunikasi yang mampu membangun Kesadaran, membentuk sikap dan merubah perilaku kolektif masyarakat taat ketat protokol kesehatan,” katanya, Rabu (18/08/2021).

Baca Juga  Kakorlantas Polri Tinjau Arus Balik Libur Tahun Baru 2024 di GT Palimanan Tol Cipali

Emrus mengatakan,  berapa kalipun pemerintah memperpanjang PPKM, tampaknya belum  solusi mendasar tangani Covid-19 di tanah air.

“Ada solusi mendasar, manajemen komunikasi yang mampu menumbuhkan kesadaran, membentuk sikap  dan merubah perilaku  kolektif masyarakat menghadapi Covid-19 di hulu,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 Jawa Bali dari 17-23 Agustus 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut ada 8 kabupaten kota yang turun status dari level 4 ke level 3.

Baca Juga  Kadis Pendidikan Humbahas Mewakili Pemkab, Menerima Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Dari Kemendikbudristek 

“Sehingga total yang masuk dalam level 3 dan 2 mencapai 61 kabupaten/kota,” kata Luhut dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (16/08/2021).

Daftar wilayah tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2021.

Sebanyak 8 wilayah yang turun dari level 4 ke level 3 yaitu Kota Cilegon (Banten), Kota Semarang, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak (Jawa Tengah), dan terakhir Kabupaten Nganjuk (Jawa Timur).

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Dan Pemkab Humbahas Tentang KUA/ PPAS APBD 2024 & KUPA PPAS PAPBD 2023

Namun ada juga 4 wilayah yang naik dari level 3 ke level 4, yaitu Kabupaten Purbanlingga, Kabupaten Blora, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah).

Sementara, semua wilayah di DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, dan Bali tidak mengalami perubahan status. (*)
 

Share :

Baca Juga

Budaya

Polresta Cirebon Raih Penghargaan Pemenang Lomba TPPO Dari Kapolri

Daerah

Puncak Hari Jadi Kota Gunungsitoli ke-346 Tahun 2024, bertempat di Taman Ya’ahowu

Daerah

Sekda Humbahas Buka Diseminasi Audit Kasus Stunting Tahap II

Nasional

Sri Mulyani  Angkat Persoalan Korupsi  Pemerintahan Kabupaten Probolinggo Melalui Akun Istagram

Daerah

Wali Kota Gunungsitoli Lantik Sejumlah ASN pada Jabatan Administrasi dan Jabatan Fungsional

Daerah

Workshop Identifikasi dan Pemetaan Lingkup Kerja Lembaga Pelayanan Perlindungan Anak

Buru

Raja Petuanan Kaiely Abdullah Wael Melakukan Sasi Adat Pada Semua Kegiatan Dompeng Di Lokasi PETI Gunung Botak (Leabumi)

Daerah

Pemkab Samosir Sambut Hangat TP, PKK Kota Jambi Untuk Study Tiru Ke Samosir

Contact Us