Home / Ragam

Minggu, 24 Oktober 2021 - 19:12 WIB

Megawati & Jokowi Hadiri Ritual  Sudhi Sukmawati Pindah Agama

Buleleng, IDN Hari Ini – Sukmawati Soekarnoputri akan mengikuti prosesi Sudhi Wadani di Kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung, Singaraja, Buleleng, Bali, Selasa (26/10).

Upacara Sudhi Wadani menjadi momentum sakral bagi Sukmawati yang telah memutuskan pindah agama dari Islam ke Hindu. Prosesi perpindahan keyakinan putri Presiden Pertama RI Soekarno pemilik nama lengkap Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri, bakal digelar tertutup.

Menurut Kepala Sukarno Center Bali Arya Wedakarna alias AWK, selain keluarga Bung Karno, seperti Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga diundang menyaksikan prosesi itu.

Baca Juga  Polsek Lemahabang Polresta Cirebon Berikan Pesan Kamtibmas kepada Penjual Petasan dan Kembang Api

“Kami panitia dari Bali sudah menyebarkan undangan ke semua keluarga Bung Karno, presiden, dan menteri,” kata Arya

pada Minggu (24/10). Penanggung jawab dan koordinator upacara Sudhi Wadani itu bahkan menyebut jumlah tamu undangan untuk menghadiri kegiatan itu tidak sampai puluhan orang.

“Karena ada pembatasan, mungkin tidak semua hadir. Hanya mengundang tamu yang berkaitan dengan sahabat politik, keraton dan pejabat negara,” kata Arya Wedakarna. Para tamu yang diundang itu merupakan sahabat Sukmawati di dunia politik, keraton dan pejabat negara.

“Sangat terbatas karena kami melaksanakan ritual ini dengan prokes ketat,” ujar anggota DPD RI dapil Bali itu.

Baca Juga  Harga Bahan Pokok di Pasar Kaliwiro Tetap Stabil Menjelang Lebaran.

Prosesi Sudhi Wadani saat Sukmawati pindah agama kabarnya akan dihadiri keluarga dan anak-anaknya. Untuk diketahui, dari pernikahannya dengan Mangkunegara IX dan pernikahan keduanya dengan Muhammad Hilmy, Sukmawati dikaruniai tiga orang anak. Ketika anaknya masing-masing bernama Paundrakarna, GRA Putri Agung Suniwati dan Muhammad Putra Perwira Utama.

“Memang ada rencana hadir, tetapi tergantung protokol keluarga Bung Karno. Kami di Bali hanya menyiapkan acaranya saja,” ucapnya. Ritual Sudhi Wadani adalah upacara pengesahan janji seseorang yang secara tulus ikhlas menganut Agama Hindu. Sukmawati Soekarnoputri yang beragama Islam akan mengikuti jejak agama leluhurnya yang dipeluk eyangnya, Ida Ayu Nyoman Rai Srimben.

Baca Juga  Bupati Humbahas Berangkatkan Kontingen Cabang Olahraga ke Medan

“Nenek beliau Nyoman Rai Srimben asal Singaraja juga seorang Hindu. Karena itu, ritualnya digelar di tempat leluhur beliau di Singaraja,” tandas Arya ( IDN )

Share :

Baca Juga

Daerah

“Pejantan Tangguh” Bappelitbang Sumut Validasi Lapangan Tahap Ahir Inovasi Daerah Sumut 2024 di Humbahas 

Humbang Hasundutan

Dinas Dukcapil Humbahas, Jalin Kerjasama Dengan KSP CU Bahen Ma Nadenggan Untuk Pengurusan Akta Kematian

Cirebon

Bakso Rebon Polresta Cirebon Warnai Bazar Murah Ramadan

Daerah

Festival Balon Wonosobo: Meriahnya Perayaan di Hari Terakhir dengan Penuh Pengunjung

Cirebon

Kapolresta Cirebon Pimpin Upacara Korps Rapot Kenaikan Pangkat Periode Juli 2024

Daerah

Ketua Kompolnas Kunjungi Ruang Investigative Interviewing Polres Wonosobo yang Dapat Menjadi Rujukan Seluruh Polres di Indonesia

Daerah

Pengukuhan Masa Jabatan Kepala Desa dan TP PKK di Kabupaten Wonosobo: Momen Bersejarah dan Harapan untuk Masa Depan

Ragam

Komunitas Aplikator Epoxy Indonesia Gelar Santunan Anak Yatim

Contact Us