Home / Daerah / Humbang Hasundutan / Nasional / Politik / Regional / Sumut / Tapanuli Raya

Sabtu, 3 Juni 2023 - 08:14 WIB

Memperingati Hari Lahirnya Pancasila, Panwas Kecamatan Lintong Nihuta Gelar Upacara

IDN Hari Ini, Humbang Hasundutan – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Lintongnihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, laksanakan upacara peringatan hari lahir (Harlah) Pancasila bertempat di halaman Sekretariat Panwaslu Lintongnihuta, Desa Pargaulan, Lintongnihuta, Kamis (1/6/2023).

Upacara peringatan hari lahir Pancasila itu mengangkat tema, “Gotong-royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Hadir dalam upacara itu Ketua Panwaslu Lintongnihut Andi Siregar, anggota Perikles Lumban Toruan, Pernando Silaban. Kepala Sekretariat Mucson Manurung dan jajaran Sekretariat Panwaslu Lintongnihuta, serta Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kecamatan Lintongnihuta.

Baca Juga  Kunjungan Konsultan Jenderal RRT Ke TSTH2, Disambut Hangat Pemkab Humbahas

Andi Siregar yang bertindak sebagai pembina upacara pada kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa pelaksanaan upacara hari lahir Pancasila merujuk Surat Edaran (SE) Ketua Bawaslu RI Nomor: 32 Tahun 2023 tentang perubahan SE Nomor: 30 Tahun 2023 tentang peringatan hari lahir Pancasila di Lingkungan Bawaslu.

Dia menegaskan, Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus diamalkan dan dicerminkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada pelaksaan tugas sebagai aparatur pengawas pemilu.

Ditambahkan, pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. “Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana yakni saling menghargai, bekerjasama, dan saling menghormati. “Nilai inklusivitas Pancasila adalah toleransi gotongroyong, dan keberagaman menjadi berkah yang dirajut dalam Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Baca Juga  HMI Anggap Sistem Proporsional Tertutup Sangat Membatasi Partisipasi Publik dan Titik Nadir Politik Kita

Andi berharap, nilai-nilai luhur Pancasila agar dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati setiap Panwaslu.

Ditambahkan, perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia tidak terkecuali kepada jajaran pengawas pemilu dalam menegakkan demokrasi.

Baca Juga  Walikota Gunungsitoli Bertemu Dengan Ketua DPRD Provinsi Sumut dan Kadis Bina Marga Provinsi Sumut

Melalui rasa cinta terhadap bangsa, lanjut Andi, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Menyonsong Pemilu serentak Tahun 2024, seluruh komponen Panwaslu Kecamatan Lintongnihuta diharapkaan bersatupadu, bergotongroyong melakukan kerja nyata menegakkan demokrasi serta mewujudkan asas Pemilu yang Luber, Jurdil dan Berkeadilan. (Manda)

Share :

Baca Juga

Banten

Tingkatkan Kemampuan, ” Satbrimob Polda Banten Laksanakan PHH “

Daerah

Kehadiran Bupati Samosir Ke Desa Sipira Disambut Hangat Oleh Masyarakat Onan Runggu

Politik

Bantuan Ganjar Tuai Polemik

Daerah

Peresmian Totem Secara Adat Batak Di Waterfront City Pangururan Samosir

Daerah

Perlindungan Sosial Pekerja Migran Indonesia dan Kondisi Potensi Ekonomi Purna Pekerja Migran oleh Migran Care

Daerah

DPRD Tulungagung Gelar Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Pengganti Antar Waktu Wakil Ketua Dan Anggota DPRD Tulungagung Sisa Masa Jabatan 2019-2024

Daerah

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto Tidak ada Intervensi dan Intimidasi di Labuan Bajo

Cirebon

Perkuat Sinergitas, Kapolres Cirebon Silaturahmi dengan Ketua Pengadilan Negeri Sumber

Contact Us