Home / Advertorial

Kamis, 4 November 2021 - 11:14 WIB

Metode Bank Sampah Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Dorong Masyarakat Tingkatkan Penghasilan dan Rasa Tnggung Jawab Terhadap Sampah .

Advertorial

Tangsel, IDN Hari Ini – Bank Sampah merupakan salah satu metode pengelolaan sampah yang dapat dilakukan pada tingkat sumber sampah. Melalui bank sampah, kita juga dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah serta mendorong masyarakat agar memiliki rasa tanggung jawab dari sampah yang mereka hasilkan.



DLH Tangsel mendorong terciptanya Bank Sampah di setiap wilayah

Warga beraktivitas di area Bank Sampah Tegal Rotan, Ciputat.

Apa itu bank sampah? Menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah, Bank Sampah adalah suatu fasilitas untuk mengelola sampah dengan prinsip 3R (reduce, reuse, dan recycle), sebagai sarana edukasi, perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah, dan pelaksanaan Ekonomi Sirkular, yang dibentuk dan dikelola oleh masyarakat, badan usaha, dan/atau pemerintah daerah.

Baca Juga  DPRD Kota Tangerang Minta Warga Antisipasi Bencana Alam Jelang Pergantian Tahun

Kota Tangerang Selatan saat ini memiliki 328 Bank Sampah Unit (BSU) yang tersebar di 7 kecamatan. Jumlah sampah yang dikelola pada tahun 2021 mencapai 378 ton atau rata-rata 1,4 ton/hari. Nilai perputaran uang Bank Sampah dari tahun 2012 hingga saat ini mencapai ± 4 Milyar Rupiah.

Baca Juga  Jalan Maulana Hasanudin Kota Tangerang Tahap Proses Perbaikan Dinas PUPR

Proses pembentukan Bank Sampah juga sangat mudah. Masyarakat hanya perlu menghubungi atau mendatangi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan, lalu DLH akan memberikan sosialisasi terkait pengelolaan Bank Sampah di wilayahnya. DLH Tangerang Selatan juga memberikan fasilitas sarana bank sampah berupa Gawang penimbang, Timbangan gantung digital, Spanduk untuk entitas Bank Sampah, Buku tabungan bank sampah, serta Tabung komposter untuk pengolahan sampah organik.

Baca Juga  Dalam Rangka Penyediaan Infrastruktur Jalan yang Mantap Bagi Masyarakat Kota Tangerang

Ke depannya Dinas Lingkungan Hidup juga akan mendirikan Bank Sampah Induk agar pengelolaan sampah melalui Bank Sampah lebih terpusat dan dapat menjaga persaingan harga antar pengepul/lapak. ( Adv )

Share :

Baca Juga

Advertorial

Perbaikan Jalan Husein Sastranegara oleh Dinas PUPR Kota Tangerang

Advertorial

BERITA KEHILANAGAN

Advertorial

Dalam Rangka Penyediaan Infrastruktur Jalan yang Mantap Bagi Masyarakat Kota Tangerang

Advertorial

Angkutan Perkotaan Kota Tangerang Mempunyai 2 Pelayanan

Advertorial

Dalam Rangka menyambut HUT RI Ke 77, Kota Tangerang Melakukan Pembenahan

Advertorial

DPRD Kota Tangerang Minta Warga Antisipasi Bencana Alam Jelang Pergantian Tahun

Advertorial

Saka Pramuka Praja Wibawa dan Satpol PP Kota Tangerang, Bersatu Padu Sosialisasikan Perda

Advertorial

Upacara Peringatan HUT RI Ke 78 di Kecamatan Periuk Kota Tangerang

Contact Us