Home / Nasional

Minggu, 8 Agustus 2021 - 00:18 WIB

Reaksi Presiden Jokowi Atas Tuntutan Togu Simorangkir Penutupan PT.Toba Pulp Lestari TPL

Jakarta, Indonesiahariini.com – TIM 11( tulus Ikhlas Militan) yang berjumlah 11 orang  berjalan kaki start dari makam Pahlawan Sisingamangaraja XII Soposurung Balige ke Jakarta sepanjang 1758 Km, ditempuh selama 44 hari,akhirnya sampai juga. Setelah menunggu 9 hari di Jakarta, dari 27/7 s.d 5 /8/’21, Baru diijinkan masuk ke Istana Presiden,Jumat 6 Agustus 2021.

Cuma yang boleh ketemu langsung secara face  to face hanya satu orang ,Togu Simorangkir ( ketua tim 11 )Sebagaimana diberitakan sebelumnya mereka (11) itu adalah,(1) Togu Simorangkir (2) Anita Marta Hutagalung ,(3) Rait Irwandi, (4)Christian Gultom, (5)Jevri Manik, (6)Yman Munthe, (7)Agustina pandangan, (8)Fery J Sihombing,Ewin (9)RicoHutabarat,(10) Lambok Siregar, dan (11)Bumi Simorangkir.

Baca Juga  Akrindo Desak Kapolres Nias Tangkap Pelaku Penganiayaan terhadap Wartawan

 karena berbagai alasan seperi pandemi akhirnya saya sendiri yang boleh masuk kata Togu untuk menyampaikan aspirasi, kekhawatiran dan kesedihan serta kemarahan masyarakat  atas aktifitas PT.Toba Pulp Lestari (TPL). Setelah Togu berbincang dengan Presiden Jokowi, bahwa ada  kegiatan  perusak lingkungan,Keramba jaring apung didanau Toba yang dianggab Presiden  milik dari  masyarakat . Tenyata itu milik perusahaan, pak Presiden sempat terkejut  mendengarnya. Menurut Togu Simorangkir   Jokowi mempelajari  tuntutan tim 11yang disampaikannya berupa dokumen kajian  setebal  69 halaman itu,  agak sulit, karena kata Jokowi ada beberapa hal yang perlu dipelajari, tapi yang pasti ujar Togu Pak Jokowi sudah membaca, meskipun banyak sekali  yang beliau tidak ketahui, Disamping itu ,Pak Jokowi memerintahkan  supaya ditanami Kembali hutan ( reboisasi-red) ujar Presiden   Jokowi.

Baca Juga  Pemerintah Batal Terapkan PPKM Level 3 saat Nataru

Menurut  Togu pak Jokowi akan  datang berkunjung ke Danau Toba akhir tahun ini. pak Jokowi mengatakan bahwa    sekitar 25 ribu hektar tanah yang berurusan  dengan masyatakat adat akan diselesaikan  bulan ini kata Jokowi kepada Togu. 5 SK sudah selesai.  tadi saya sudah lihat,  dan 10 SK lagi akan dituntaskan  bulan ini ujar Togu menirukan perkataan Jokowi.Jadi masyarakat adat akan mendapatkan tanahnya Kembali.Tadi dalam diskusi kita bapak Presiden  akan datang November atau Desember nanti. Bersama rakyat, untuk menananm Kembali  hutan-hutan yang rusak ujar Togu. Usai perbicanagn semua itu, menyempatkan waktu ngobrol dengan Fery  J.Sihombing  saya prihatin dengan kabar yang datang dari Sidikalang bahwa  ayahnya  sakit strook .

Baca Juga  Mantan Panglima Kostrad Letjen (Purn) AY Nasution soal Pemindahan 3 Patung dari Museum Kostrad

karena itu langsung terbang ke Medan,  titip salam orangtua, dan atas nama Suara Republik News teriring doa kiranya ayahanda cepat sembuh supaya bisa beraktifitas seperti sedia kala.       (Ring-o)

Share :

Baca Juga

Nasional

Dianggap Langgar Prokes Covid-19,  Dua Remaja Dianiaya Oknum TNI

Nasional

Jusuf Kalla:  NU Seperti McDonald’s

Nasional

Menkominfo:  kolaborasi Antar Industri Pers Upaya Diversifikasi Produk Media,

Nasional

11 Aktivis Berjalan Kaki Ribuan Kilo Meter Untuk Bertemu Presiden RI, Togu Simorangkir: Ditolak Istana.”

Nasional

UMP 2022 Ditetapkan, Provinsi Mana yang Tertinggi dan Terendah?

Nasional

Presiden: Omicron Dapat Disembuhkan Tanpa Harus Rumah Sakit

Nasional

Togu Simorangkir : PT. TPL Tutup, Menyengsarakan Masyarakat Toba

Nasional

Kontak Senjata Polri- TNI dengan   KKB Papua Komandan Operasi Tewas

Contact Us