Home / Nasional

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 16:54 WIB

Sukmawati Pindah Agama Hindu

Sukmawati Soekarnoputri memberikan keterangan pers terkait polemik puisi “Ibu Indonesia” di Jakarta, Rabu (4/4/2018). – ANTARA

Jakarta, IDN Hari Ini – Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri memutuskan untuk pindah agama dari Islam menjadi Hindu.

Kepala Sukarno Center di Bali, Arya Wedakarna mengungkapkan Sukmawati Soekarnoputri telah menambatkan hatinya pada agama Hindu.

“Alasan Ibu Sukmawati pindah agama adalah ranah pribadi, keputusan ini sudah dipertimbangkan matang-matang,” beber Arya kepada awak media, di Sabtu (23/10).

Menurut dia, putri Proklamator itu mempelajari agama Hindu sejak lama. Arya menyebut Sukmawati gandrung pada ajaran Hinduisme.

Baca Juga  Komunikolog: PPKM Sulit Tidak Diperpanjang dan Bisa Jadi Diperpenjang Lagi

“Saya sebagai saksi sejarah yang sudah mendampingi beliau selama 20 tahun berjuang di PNI dan Soekarno Center, memang melihat bahwa memang Ibu Sukmawati sudah bertahun-tahun gandrung akan ajaran agama-agama Hindu,” beber dia. Arya menyebut Sukmawati sering mendatangi candi dan pura, untuk berbagi hal soal kebangsaan.

“Ini mungkin pengaruh dari ibunda Bung Karno yang juga nenek beliau yaitu Nyoman Rai Srimben asal Buleleng. Jadi kita tahu bahwa ibunda Proklamator kita adalah seorang wanita Hindu, Bali,” ungkap Arya.

Arya menuturkan Sukmawati juga mengaku bahwa seluruh perjalanannya dalam memeluk agama Hindu karena dibimbing langsung oleh para leluhur. Kepala Sukarno Center di Bali, Arya Wedakarna mengungkapkan Sukmawati Soekarnoputri telah menambatkan hatinya pada agama Hindu.

Baca Juga  Indonesia Produksi Sawit Terbesar Dunia, Harga Minyak Goreng Memlambung

“Akhirnya ditentukan tepat pada usia 70 tahun di tanggal 26 Oktober beliau pindah agama secara baik dan tentunya dengan izin keluarga,” ujar dia.

Sukmawati, lanjut Arya, sudah meminta izin dari putra putri, kerabat baik kakak dan adik, serta Megawati Soekarnoputri. “Kami di bali sebagai sahabat perjuangan beliau membantu, menyambut baik beliau pulang ke agama Hindu,” kata Arya.

Baca Juga   Yahya Waloni, Penista Agama Digelandang  Bareskrim

Sukmawati Soekarnoputri akan melaksanakan prosesi Sudhi Wadhani atau upacara perpindahan keyakinan ke agama Hindu bakal digelar di Kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung, Singaraja, Buleleng, Bali, Selasa mendatang (26/10).

Arya pun menyatakan akan membantu teknis acara Sudhi Wadhani. “Semoga ini menjadi awal yang baik utuk beliau karena sudah menemukan satu pilihan, tentu ini sebuah sikap Pancasilais dan membuktikan bahwa keluarga Bung Karno memang mengayomi seluruh agama dan keyakinan,” ujar Arya. ( IDN )

Share :

Baca Juga

Nasional

Dua Wilayah  Jatim Capai Herd Immunity, Ketua DPD RI: Daerah Lain Harus Cepat Susul

Nasional

Jusuf Kalla:  NU Seperti McDonald’s

Nasional

Jokowi: Polri Jangan  Ragu Usut  Mafia Tanah

Nasional

UMP 2022 Ditetapkan, Provinsi Mana yang Tertinggi dan Terendah?

Nasional

Calaon Ibukota Baru Dibanjiri Penduduk

Nasional

Tergiur Sumbangan 2 T Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Ahirnya Copot Kapolda Sumsel

Nasional

Ditemukan Produk Mie Instan PT. Indofood CBP Merek “ POP MIE “ ,  Sebelum Masa Expired  Sudah Tidak Layak Dikonsumsi, Dimana BPOM ?

Nasional

Mantan Panglima Kostrad Letjen (Purn) AY Nasution soal Pemindahan 3 Patung dari Museum Kostrad

Contact Us