Home / Regional

Rabu, 11 Agustus 2021 - 05:42 WIB

Tidak ada Jaminan JK Dukung Anies Baswedan Pilpres 2024

Jakarta, Indonesia hari Ini. – Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) disebut-sebut bakal mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Pilpres 2024.  

Terkait hal ini, Dewan Pakar Asosiasi Pembicara Profesional Indonesia Emrus Sihombing mempunyai pendapat berbeda.  Emrus, sapaan akrabnya menilai JK belum tentu mendukung Anies pada Pilpres 2024. 

“Apakah JK mendukung Anies? Tidak ada jaminan karena JK adalah politisi yang sangat cair, berubah,” ujar Emrus kepada GenPI.co, Rabu (11/8).  Emrus mengatakan, perihal JK mendukung atau tidak itu bergantung pada kalkulasi politik pada Pilpres 2024. 

Baca Juga  Korban Tanah Longsor, 2 Anak Meninggal

Di sisi lain, Emrus membeberkan kendala yang dihadapi Anies, yakni tak memiliki partai politik, sehingga perlu dukungan dari koalisi partai politik.

Dia menjelaskan, jika parpol ingin mengusung Anies pada Pilpres 2024, terdapat bargaining position (posisi tawar) di belakang panggung politik.  “Politik itu tidak lepas dari ‘aku mendukung kamu, aku dapat apa? Itu kenyataan politik,” ujar Emrus.    Seperti diketahui, JK turut mendukung Anies Baswedan pada Pilgub DKI 2017.   

Baca Juga  DKI  Sediakan 16 Lokasi Penyuntikan Vaksin Pfizer

JK mengaku bahwa dirinya turut melobi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS saat itu, Sohibul Iman untuk mengusung Anies sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.   “Saya yang mendukung dia (Anies) jadi calon gubernur, itu benar.

Baca Juga  Belum Ada Jaminan  COVID-19 Bisa Tuntas Walau Penggunaan Masker Tanpa Batas Waktu

Malam-malam 12 jam sebelum penutupan saya telepon Pak Prabowo dan Ketua PKS semua setuju,” kata JK seperti dikutip dari YouTube BeritaSatu yang tayang pada Januari 2021. (IDN)

Share :

Baca Juga

Regional

Ferdinan: Fadli  Makin Gemblung Pernyataannya

Regional

Andil PT Freeport Indonesia Terhadap PON Papua?

Regional

Aparat TNI Bentrok dengan Warga, Dandim Alami Luka

Regional

Korban Tanah Longsor, 2 Anak Meninggal

Regional

DKI  Sediakan 16 Lokasi Penyuntikan Vaksin Pfizer

Health

Emrus Sihombing: Pemadaman PJU Saat PPKM Darurat Harus Didukung Penuh

Regional

Uji Materi UU Pers di MK Segera Disidangkan

Regional

BMKG: Hati – Hati Pacitan Berpotensi Tsunami 28 Meter dan Gempa Besar

Contact Us