Home / Daerah / Nasional / Ragam / Regional / Samosir / Sumut / Tapanuli Raya

Sabtu, 3 Juni 2023 - 19:55 WIB

“Arga Do Bonani Pinasa” Festival Literasi Batak Toba Tingkat SD Se-Kabupaten Samosir

IDN Hari Ini, Samosir – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Adakan Festival Literasi Batak Toba, yang digelar di SD Assisi, Tomok Parsaoran, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sabtu (3/6/2023).

Festival Literasi Batak Toba dengan thema “Arga Do Bona Ni Pinasa”. Diadakannya Festival ini untuk meningkatkan karya seni Anak Siswa SD di Kecamatan Simanindo, dengan membuat beragam perlombaan seni untuk anak SD di Kecamatan Simanindo.

Baca Juga  Jelang Operasi Lilin Lodaya, Polresta Cirebon Musnahkan Ribuan Miras Berbagai Merek

Adapun perlombaan yang dilaksanakan, diantaranya Aksara Batak, Tor-tor batak, musik Batak, turi-turian dan yang terakhir adalah odap/Gondang Batak.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Jhonson Gultom mengatakan,” ini adalah program Dinas Pendidikan di Tahun 2022 – 2023, yang sudah dilaksanakan di semua 9 kecamatan wilayah Kabupaten Samosir.

Siswa yang meraih juara akan mendapatkan hadiah, dan tujuannya adalah aksara/peradapan Batak di Kabupaten Samosir ditingkatkan, dan sudah kita terapkan kembali, dan menggali kembali aksara Batak dan kedepan aksara batak supaya tidak akan hilang dan tidak akan musnah di Kabupaten Samosir

Baca Juga  Kadis Pendidikan Humbahas Mewakili Pemkab, Menerima Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Dari Kemendikbudristek 

“Karena, di Kabupaten Samosir itu adalah budaya yang sangat tinggi yang dijunjung oleh masyarakat Batak, terutama dibidang aksara batak, ini adalah tujuan dari Dinas Pendidikan yang sudah action hari ini untuk diperlombakan,” imbuhnya.

“Harapannya, Program dinas pendidikan ini adalah program kurikulum tingkat belajar, maka akan tergalih dan akan lebih maju lagi untuk kurikulum ini, jadi Kreasi dari anak-anak kembali lahir di Kabupaten Samosir.

Baca Juga  Penemuan Mayat Di Hilirisasi Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias

Dan untuk meningkatkan kwalitas anak didik di kalangan Sekolah Dasar kita harus mendukung dan mendidik anak-anak kita semua agar kelak mereka berhasil dan yang berguna bagi nusa dan bangsa juga mengharumkan nama Kabupaten Samosir,” tegas Jhonson Gultom. (Manda)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pemkab Samosir Buka Konsultasi Publik KLHS RPJMD 2025-2029

Daerah

Gelar Pasukan Dan Tanggap Bencana Dikantor Bupati, Dipimpin Kapolres Humbahas

Cirebon

Sat Narkoba Polres Cirebon Kota, Berhasil Selamatkan 1.100 Orang dari Bahaya Narkoba

Daerah

Harga Bahan Pokok di Pasar Kaliwiro Tetap Stabil Menjelang Lebaran.

Daerah

Kunjungan Kerja District 307 A2, Dalam Rangka Pembangunan Monumen Lions Clups, Disambut Hangat Bupati Humbahas

Daerah

Bupati Humbahas Menyerahkan Bantuan Beras Bagi Korban Banjir Di Parlililtan

Cirebon

Polwan Polresta Cirebon Gelar Patroli Ngabuburit dan Berbagi Takjil yang Dimasak Sendiri

Daerah

SMK Negeri 1 Pagerwojo Tulungagung, Gelar Super Job Fair 2023

Contact Us