Home / Daerah

Minggu, 3 April 2022 - 18:47 WIB

Kemendagri Apresiasi Prov. Lampung Daerah Pengelolaan Keuangan Terbaik

Lampung, IDN Hari Ini – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi Provinsi Lampung atas kiprahnya sebagai daerah dengan pengelolaan keuangan daerah terbaik. Apresiasi tersebut disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni dalam acara Rapat Pembahasan Penyusunan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 di Hotel Bukit Randu, Lampung, Kamis (31/3/2022).

Fatoni menyampaikan, saat ini Lampung telah bertransformasi menjadi lebih baik. Daerah tersebut, dinilai semakin maju dengan banyaknya perubahan positif.

Baca Juga  19 Kendaraan Pengguna Strombo dan Sirene Terjaring  di Ponorogo

“Betapa luar biasanya Lampung hari ini. Sejak ada tol dari Palembang Sumatera, Sabtu Minggu banyak yang datang ke Lampung. Begitu yang dari Jakarta yang tadinya tiga jam, kini jauh lebih memudahkan hanya satu jam. Kami pilih Lampung karena Lampung ini mudah dijangkau, dan bukan saja mudah dijangkau tapi sangat luar biasa,” kata Fatoni.

Menurut Fatoni, Provinsi Lampung telah menjadi episentrum nasional dalam pengelolaan keuangan daerah. Kawasan tersebut juga menjadi percontohan nasional dalam tata kelola pengelolaan keuangan daerah di era digitalisasi saat ini.

Baca Juga  Petugas Gabungan Razia Puluhan Pasangan di Luar Nikah, Saat Hari Valentine

“Hari ini di Lampung agar mendorong perekonomian daerah, membangkitkan pariwisata dan memberikan kesempatan seluruh daerah untuk melihat daerah lainnya. Lampung salah satu daerah yang pengelolaan keuangannya terbaik, sehingga daerah lain bisa belajar juga,” jelasnya.

Lebih lanjut, Fatoni mengatakan, rapat pembahasan penyusunan Permendagri itu merupakan acara penting, sebab melalui agenda tersebut dilakukan penyusunan pedoman APBD 2023 seluruh Indonesia. Di samping itu, hasil dari kegiatan tersebut nantinya juga akan digunakan oleh seluruh daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota dalam penyusunan APBD.

Baca Juga  Hari Jadi Kabupaten Lebak Ke 194 ,Pemkab dan DPRD Di Demo Mahasiswa

“Sehingga dari perencanaan kegiatan sudah dirancang, kemudian penganggarannya baik dari sisi pendapatan, belanja, dan pengawasan. Kegiatan Kemendagri ini dilaksanakan bergiliran beberapa provinsi,” tuturnya.

Fatoni berharap, kegiatan tersebut akan menghasilkan pedoman APBD yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Dirinya juga menerima masukan dari para peserta, guna memperoleh hasil yang maksimal.

“Masukan seluruhnya akan diterima. Kegiatan ini pararel dan kontinyu dan jadi pedoman penyusunan APBD,” tandas Fatoni.

Puspen Kemendagri

Share :

Baca Juga

Daerah

Pantai Payangan Jember Telan Korban 11 Meninggal

Daerah

Temuan Penyimpangan Penyaluran Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) di Kecamatan Bojongpicung.

Daerah

19 Kendaraan Pengguna Strombo dan Sirene Terjaring  di Ponorogo

Banten

Hari Jadi Kabupaten Lebak Ke 194 ,Pemkab dan DPRD Di Demo Mahasiswa

Daerah

Rumah Restorative Justice Diresmikan Kejari Inhil , Bupati : Kami Dukung Semua Demi Keadilan Masyarakat

Banten

PEPARPROV (Pekan Olahraga Paralimpic) Provinsi Banten Kurang Mendapatkan Perhatian

Daerah

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Felli Hermanto Tidak ada Intervensi dan Intimidasi di Labuan Bajo

Daerah

Dinas PUPR Tulungagung Sukses Gandeng Tulungagung Eksplore Dan Pawitan Laksanakan Reboisasi Di Desa Ngepoh

Contact Us