Bupati Humbahas Panen Raya Bawang Merah Bersama Kepala Desa Marganda Silaban Hasil KT Tobing Di Desa Dolok Margu Kecamatan Lintongnihuta

IDN Hari Ini, Humbang Hasundutan – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE bersama Kantor Perwakilan BI (Bank Indonesia) Sibolga panen bawang merah di lahan demplot milik Kelompok Tani Tobing di Desa Dolokmargu Kecamatan Lintongnihuta, Rabu (9/8/2023).

Hadir dalam panen itu, Kadis Pertanian dan Ketapang Ir Junter Marbun, Kadis Peternakan dan Parikanan Parman Lumbangaol, Kadis Kopenaker Nurliza E Pasaribu, Kepala Desa Dolokmargu Marganda Silaban, Manager Unit Pelaksanaan Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif dan Ekonomi Keuangan Syahriah (UPPUKIS) BI Sibolga Yudha Rizkianto Agoes, Konsultan Pengembangan UMKM BI Sibolga Mustafa Kamal dan lainnya.

Baca Juga  Satpol PP Kota Tangerang Kembali Tertibkan PKL Pasar Sipon

Dalam pertemuan itu, Yhuda Rizkianto Agoes mengucapkan terimakasih kepada Bupati Humbahas atas perhatian dan kepedulian terhadap petani, ini menjadi berkat bagi masyarakat. Pertanaman lahan demplot bawang merah ini, BI Sibolga bekerjasama dengan Kelompok Tani Tobing. Tujuannya untuk pengendalian inflasi dan meningkatkan produktivitas pertanian. Ini juga merupakan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan (GNPIP).

Ketua Kelompok Tani Tobing Masran Lumbantoruan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Humbahas dan rombongan dan pihak BI Sibolga atas kehadirannya dalam kegiatan panen bawang merah.

Baca Juga  Tingkatkan Patroli Ops Mantap Brata 2023, Polsek Utbar Polres Cirebon Kota Gelar KRYD Kewilayahan

Bupati Humbahas menjelaskan bawang merah milik Kelompok Tani Tobing sempat mengalami kekeringan karena musim kemarau. Mengantisipasi gagal panen, lahan bawang merah disiram menggunakan mobil Damkar. Ini dilakukan sebagai tanda keseriusan Pemkab Humbahas mendukung program pertanian.

“Harapan kita bersama, di Dolokmargu ini, kita fokuskan dulu bercocok tanam bawang merah dan jagung. Biar jauh lebih sejahtera kehidupan masyarakat. Pertanaman bawang merah ini harus berkelanjutan dan berhasil. Di Kabupaten Humbahas sudah ada rumah kemasan, ke depan kita sudah harus memikirkan mesin pencacah bawang merah.

Baca Juga  Pasca Pemilu, Sowa’a Laoli Ajak Semua Pihak Tetap Jaga Persatuan dan Persaudaraan

Selama ini bawang merah dijual hanya ke pasar. Tapi kalau dibuat bawang merah kemasan, dengan kemasan yang menarik, sudah pasti ada nilai tambah bagi petani.

Terimakasih kepada BI Sibolga yang sudah bekerjasama membuat lahan demplot bawang merah bersama Kelompok Tani Tobing. Kita berharap, BI Sibolga terus bekerjasama dengan masyarakat Humbang Hasundutan dalam pengembangan pertanian, termasuk memikirkan mesin pencacah bawang merah” jelas Bupati Humbahas.

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Samosir Menyambut Kunjungan Dirjen Bina KEUDA Kemendagri “Sosialisasikan Pengelolaan Keuangan Daerah”

Cirebon

Polresta Cirebon Ungkap 7 Kasus Judi Online dan Sabung Ayam

Banten

Klaim Tanah Oleh PDAM Tirta Benteng, Menimbulkan Kontroversi Hukum Baik Pidana dan Perdata

Daerah

Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Gunungsitoli dengan Yayasan Konservasi Pesisir Indonesia (YAKOPI)

Daerah

Rapat Kordinasi Koalisi Indonesia Maju di Kabupaten Wonosobo, Optimis Menang Satu Putaran untuk Prabowo – Gibran Pemilu 2024-2029

Metropolitan

Akibat Arus Pendek Listrik , Usaha  Panglong Serta1 (satu) Unit Rumah di Botombawo Ludes, Dilalap si Jagomerah,

Buru

Kerja Bakti Bersama TNI, Polri dan Pemerintahan Daerah Keamatan Namlea, Kabupaten Buru

Daerah

Bupati Humbahas Memonitoring Pembangunan Jalan Di Berbagai Desa Di Kabupaten Humbang Hasundutan

Contact Us