Home / IKN

Rabu, 9 Februari 2022 - 10:24 WIB

Emrus: Puji Langkah Tepat Pemerintah Pindahkan IKN ke Kaltim

Ilustrasi sudut lain dari maket Istana Negara ibu kota baru. (Instagram @ibukotanegaraindonesia) (instagram @ibukotanegaraindonesia)

IDN Hari Ini – Rencana Pemerintahan memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur (Kaltim) belakangan menimbulkan pro dan kontra. Namun Komunikolog Indonesia Emrus Sihombing menilai rencana pemindahan IKN merupakan langkah yang tepat.

Komunikolog Indonesia itu berpendapat pemindahan IKN ke Paser Penajam, Kaltim akan lebih mudah, ketimbang membenahi DKI Jakarta.

“Pemindahan ibu kota merupakan suatu solusi yang baik dan luar biasa, karena dengan perencanaan yang baik ini akan menjadi wajah baru bagi Indonesia di kancah internasional,” ujar Komunikolog Indonesia dari UPH itu kepada strategi.id, Selasa (08/02/22).

Baca Juga  Pembangunan Wilayah Penajam Paser Utara Jadi Proyek Prioritas "IKN"

Emrus melihat pemindahan IKN pastinya sudah direncanakan dengan matang. Oleh karena itu proses penataaan IKN akan menjadi lebih mudah.

Seperti diketahui, pemerintah sudah menyiapkan berbagai rancangan bangunan dan teknologi modern yang akan dihadirkan di IKN.

Kendati demikian, gambaran pemerintah terkait kota baru atau kota masa depan di IKN Nusantara dinilai bukanlah yang identik dengan kemewahan dan kemegahan. Namun kota yang sadar lingkungan dan hemat dari sisi energi.

Baca Juga  Bid-Humas Polda Aceh: Terungkap, Oknum TNI Pangkat Mayor Pengusaha Pabrik Arang

“Merubah lebih sulit dari membangun dari awal, karena dengan perencanaan yang matang dan komprehensif bisa mendapat hasil lebih baik. Bisa kita persiapkan untuk ratusan tahun ke depan, jadi tidak perlu tambal pasang,” tambahnya.

Menurut Emrus, bagian terpenting dari kota modern adalah pembangunannya yang ramah lingkungan, sehingga membutuhkan tanggung jawab dan kesadaran masyarakatnya untuk merawat lingkungan.

“Program pembangunan IKN bukan sekadar pindah gedung pemerintahan. Menurutnya, pindah ibu kota adalah pindah cara kerja, pindah mindset dengan berbasis pada ekonomi modern dan membangun kehidupan sosial yang lebih adil dan inklusif ,” tutupnya.( IDN )

Baca Juga  IKN Nusantara, Jokowi: Kota yang Tidak Bisa Dimiliki Jakarta

Tag : Berita nasional, Berita terupdate, Berita terkini, Berita viral, Berita trending, Berita terbaru, Indonesia hari ini, Berita Indonesia, Berita Indonesia terkini, Berita Indonesia terupdate, Berita Indonesia viral, Berita focus trending, Ibu Kota Negara

Share :

Baca Juga

IKN

Pembangunan Wilayah Penajam Paser Utara Jadi Proyek Prioritas “IKN”

IKN

Babak Baru Pemindahan IKN)ke Kalimantan Timur.

IKN

Komitmen Pangeran Saudi Bangun IKN Nusantara

IKN

Jokowi Ritual IKN bersama 33 Gubernur

IKN

Hindari Nusantara Kota Hantu (ghost city)  Melibatkan Masyarakat Sejak Awal

IKN

IKN Nusantara, Jokowi: Kota yang Tidak Bisa Dimiliki Jakarta

IKN

Tanah, Seluruh Tanah Air Kumpul di Titik Nol IKN

IKN

Emrus Sihombing Sebut Lokasi IKN Nusantara Sangat Indah

Contact Us