Home / Health

Selasa, 9 November 2021 - 08:20 WIB

Indonesia Akan Produksi Empat Jenis Vaksin Covid-19

Jakarta, IDN Hari Ini – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan ada empat vaksin Covid-19 yang berpeluang besar untuk diproduksi di dalam negeri mulai 2022.

“Saat ini ada empat yang ada kemungkinan menuju pada produksi dalam negeri dan sudah terlihat ada progresnya,” kata Kepala BPOM RI Penny K Lukito seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/11).

Adapun empat vaksin itu adalah:

  1. Vaksin Merah Putih

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Universitas Airlangga (Unair) sudah memasuki tahap kedua praklinik.

“Fase pertama menggunakan hewan mencit dan yang kedua menggunakan hewan makaka itu baru saja diselesaikan,” katanya. Penny menyebut vaksin Merah Putih sudah masuk ke arah uji klinik fase pertama yang dimulai pada Desember 2021.

Baca Juga  Wah 4 Kota Tembus Level 4

Diperkirakan uji klinik fase kedua dan ketiga dilakukan bersamaan sekitar Januari-Februari 2022. Baca Juga: Anak Usia 6-11 Tahun Sudah Bisa Vaksin Lho, Tinggal Tunggu ini Saja “Harapannya izin penggunaan darurat (EUA) bisa keluar sekitar bulan Mei atau Juni 2022 hingga produksi atau komersialisasi bisa Juni atau Juli 2022,” katanya.

  • vaksin BUMN

Menurut Penny saat ini Baylor Medical Collage juga sedang melakukan pengembangan berupa vaksin BUMN dan saja menyelesaikan praklinik kedua kata Penny.

Baca Juga  Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme, Korem 071 Wijayakusuma Gelar Pembinaan.

Dia mengatakan vaksin berplatform rekombinan protein sub unit itu sedang menuju fase pertama uji klinik yang diperkirakan mulai pada Desember 2021.

“Dalam waktu dekat diharapkan EUA bisa terbit Juni dan produksi sekitar Juli 2022,” katanya.

3. Vaksin Zifivax

Penny membeberkan yang ketiga adalah Vaksin Zifivax. Vaksin rekombinan protein sub unit kerja sama Bio Farma dan Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical itu sudah mendapatkan EUA dari BPOM RI.


Vaksin Covid-19 Zifivax sudah melalui uji klinik di Indonesia dan dipastikan memiliki komponen dalam negeri yang dikelola di fasilitas Jakarta Biopharmaceutical (J-Bio). “Akan ada produksi fill and finish dengan PT Biotis sekitar Februari 2022,” katanya. Penny juga memastikan akan ada transfer teknologi produksi dalam pengembangan Zifivax di Indonesia secara jangka panjang. Pasalnya, produsen membangun seluruh fasilitas produksi di Indonesia.

4. Vaksin ARCov Vaksin itu sedang dikembangkan oleh PT Etana Biotech bekerja sama dengan Walfax Abogen berplatform mRNA. “Pada Februari 2020 akan uji klinik, tetapi Februari 2022 harapannya akan ada fill and finish dengan bahan baku impor dan jangka panjang juga akan produksi hulu sampai ke hilir di PT Etana,” ujar Penny. ( IDN )

Share :

Baca Juga

Health

Puan: Antisipasi Dampak Lonjakan Covid-19 di Luar Jawa dan Bali

Health

Komando Lapangan Lebih Tepat Kepala Daerah Daripada Menko Atasi Covid-19

Health

Daftar Wilayah di Jawa-Bali PPKM Level 2-4 hingga 23 Agustus

Health

Anggota DPR  Geram Melihat  Kepala BPOM Geleng-Geleng Kepala  Saat Rapat Kerja

Health

Muhadjir Effendy: PPKM Level 3 Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Health

Luhut BP:  Batasi Mobilitas Keluar Rumah.

Health

Dapat Pelonggaran, 13 Kota Lepas Dari Belenggu PPKM Level 4

Health

PPKM Level 4 di Jawa-Bali Resmi Diperpanjang Hingga 23 Agustus

Contact Us