Home / Jatim

Sabtu, 26 Februari 2022 - 23:20 WIB

Kembangkan Sistem Resi Gudang (SRG) di Jawa Timur Untuk Jaga Stabilitas Harga Ikan

SURABAYA, Idn Hari Ini- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan 10 kelembagaan Sistem Resi Gudang (SRG) di wilayah potensial di seluruh Indonesia, salah satunya di Jawa Timur.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan SRG tahun 2022 akan diperluas dengan fokus quick win pada triwulan I di Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga  Soal pemilihan PJ Bupati Tulungagung, Baharudin, Ketua DPRD Tulungagung : "Kami Hanya Sebatas Memberi Usulan"

“Kita dorong pengembangan Sistem Resi Gudang Ikan di Jawa Tengah untuk stabilisasi harga ikan,” kata Artati dalam keterangannya, Sabtu (25/2/2022).

Artati memastikan KKP bersama Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan akan komitmen mengawal SRG. Menurutnya, pengembangan SRG diperlukan untuk menjawab kebutuhan pelaku perikanan khususnya nelayan, akibat volatilitas harga komoditas.

Terlebih ketersediaan ikan laut yang didaratkan, berfluktuasi tergantung faktor alam maupun faktor manusia. “Keterlimpahan hasil tangkapan ketika musim ikan menyebabkan harga jatuh, sehingga akan disimpan di dalam Gudang beku selama waktu tertentu hingga harga stabil,” terang Artati.

Baca Juga  6.000 Liter Minyak Goreng Ludes dalam Sekejap Di Ponorogo

Melalui mekanisme SRG, kebutuhan modal usaha nelayan saat masa musim tersebut dapat diatasi dengan cara menjaminkan ikan yang diterbitkan resi Gudang kepada Lembaga pembiayaan dengan bunga yang kompetitif.

Baca Juga  Sosialisasi Penebangan Kayu KPS Dusun Kuning Oleh Pemerintah Desa Ngrejo dan Perhutani

Pelaku usaha cukup antusias terhadap kegiatan tersebut, karena momentum pelaksanaan SRG diharapkan akan dapat dilaksanakan bertepatan dengan jadwal pendaratan kapal ikan yang berasal dari wilayah Timur terutama dari WPP 715 dan 718 pada sekitar bulan April, dan aktivitas melaut nelayan akan berkurang selama lebaran.

Wartawan  : Reva Marliana

Editor         : Imam Mu’iz

Share :

Baca Juga

Cirebon

Selama Operasi Antik Lodaya 2023, Satresnarkoba Polresta Cirebon Ungkap 8 Kasus Sabu-sabu dan Ganja

Jatim

PGI Jawa TimurĀ  Gelar Kejurnas Golf Taman Dayu Junior Challenge Road To PON 2024

Jatim

Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Nurus Salam Desa Sodo Pakel Gelar Wisuda 2023

Jatim

Korban Bebecana Semeru Dapat Perhatian GNKI

Jatim

Ketua PBNU Silaturahmi Datangi Polda Jatim Jelang Harlah ke-99 NU

Jatim

Kelangkaan Minyak Goreng Jadi Peluang Bagi Pedagang Besar untuk Meraih Untung

Daerah

Bentuk Karakter Siswa, SMPN 2 Campurdarat Kurban 3 Sapi Dan 2 Kambing Pada Idul Adha 1444 H

Daerah

SMKN 1 Rejotangan Tulungagung, Gelar Purnawiyata

Contact Us