Home / Parlemen

Senin, 28 Maret 2022 - 09:25 WIB

Komisi IX DPR Ribka, Kritik Pedas IDI atas Pemecatan Terawan

Jakarta, IDN Hari Ini – Anggota Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning Proletariyati mengomentari pemecatatn secara permanen mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Kenapa dia harus diberi sanksi bahkan dipecat seperti itu?” tanya Ribka dalam cuplikan video , Minggu (27/3). Menurut politikus PDIP ini, Terawan tidak melakukan kesalahan yang fatal maupun kesalahan yang merugikan orang banyak.

Dia juga menyinggung soal banyaknya dokter melakukan malapraktik tetapi bisa terlepas dari jeratan kesalahan akibat ikatan profesi dokter yang begitu kuat. “Melakukan DSA (Digital Substraction Angiography) nggak pernah ada korban, baik dari pejabat maupun sampai dengan tingkat rakyat biasa. Dilakukan dengan baik-baik,” kata wanita yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Bidang Penanggulangan Bencana ini.

Baca Juga  DPRD Tulungagung Terkesan "Ngambang" Soal Hearing BSM, PKTP : Wakil-Wakil Kita Sudah Pintar !!!

Dia lantas menyinggung kampanye vaksin Nusantara. Ribka menilai kampanye yang dilakukan oleh Terawan justru patut diacungi jempol.

Baca Juga  Polresta Cirebon Gelar Deklarasi Pemilu Damai Bersama Seluruh Komponen

Ketika negara mengimpor vaksin dari luar negeri, kata Ribka, Terawan justru yakin bahwa bangsa Indonesia dapat membuat vaksin sendiri. “Dia punya keyakinan bahwa suatu saat Indonesia pasti bisa membuat vaksin, apalagi semakin ke sini, pernyataan Pak Jokowi semakin jelas bahwa kita harus mencintai produk dalam negeri,” ucap dia.

Oleh karena itu, Ribka sangat menyayangkan keputusan Majelis Kode Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) yang memberhentikan Terawan dari IDI secara permanen.

Baca Juga  Program Internet Desa Blender - Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon, Berasal Dari Kantong Dana Kuwu Pribadi

Menurut dia, lebih baik IDI fokus pada edukasi dan memperjuangkan nasib dari para dokter. “Lebih baik IDI memperjuangkan nasib dokter-dokter yang belum jelas, juga mencerdaskan adik-adik kita,” pungkas dia.( jpnn/IDN )

tag: IDI, Vaksin Nusantara, PDIP, Terawan,

Share :

Baca Juga

Daerah

Lima Fraksi di DPRD Humbahas, Sampaikan Pandangan Umum Atas 7 Ranperda

Daerah

Yusman Dawolo Maju Sebagai Bakal Calon Walikota, Resmi Mendaftar di Partai Demokrat Kota Gunungsitoli.

Daerah

Pasca Pemilu, Sowa’a Laoli Ajak Semua Pihak Tetap Jaga Persatuan dan Persaudaraan

Cirebon

Kapolresta Cirebon Kunjungi Bawaslu, KPU, hingga Pantau Sorlip Surat Suara Pemilu 2024

Banten

HMI Anggap Sistem Proporsional Tertutup Sangat Membatasi Partisipasi Publik dan Titik Nadir Politik Kita

Daerah

Pemilu di Kecamatan Garung, Wonosobo Berjalan Lancar dan Sukses

Daerah

Ketua Panwaslu Lintongnihuta Lantik PKD Pengganti Antar Waktu

Parlemen

Demo Nyunsap Ke dalam Tol Depan DPR/ MPR dengan Tembakan Water Canon

Contact Us