Home / TNI/ Polri

Jumat, 16 Desember 2022 - 20:57 WIB

Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto Pimpin Ziarah ke Makam Pangeran Jayakarta

Pangdam Jaya  Mayjen TNI Untung Budiharto pimpin Ziarah ke Makam Pangeran Jayakarta, bertempat di Jatinegara Kaum, Klender, Jakarta Timur, Jumat (16/12/2022).

 

IDN Hari Ini, Jakarta – Sebagai wujud penghormatan dan penghargaan terhadap pahlawan dan pelaku sejarah perjuangan berdirinya Jakarta, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto pimpin Ziarah ke Makam Pangeran Jayakarta, bertempat di Jatinegara Kaum, Klender, Jakarta Timur, Jumat (16/12/2022).

Baca Juga  Kakorlantas Polri Tinjau Arus Balik Libur Tahun Baru 2024 di GT Palimanan Tol Cipali

 

Ziarah ke Makam Pangeran Jayakarta merupakan tradisi rutin tahunan yang dilakukan keluarga besar Kodam Jaya,  bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Kodam Jaya, yang jatuh pada tanggal 24 Desember 2022, atas pengabdian dan pengorbanannya sebagai Pahlawan Kusumah Bangsa.

 

Dalam sejarahnya, Pangeran Jayakarta adalah nama lain dari Pangeran Achmad Jakerta, putra Pangeran Sungerasa Jayawikarta dari Kesultanan Banten. Pangeran Jayakarta atau Jayawikarta adalah putra Tubagus Angke dan Ratu Pembayun, puteri Hasanuddin, anak Sunan Gunung Jati. Pangeran Jayakarta menjabat sebagai wakil dari Kesultanan Banten.

Baca Juga  Pengaturan Lantas Pagi Hari, Suatu Bentuk Pelayanan Polsek Dukupuntang Polresta Cirebon Kepada Warga Masyarakat

 

Saat tiba di area makam, Pangdam Jaya  menerima laporan dari panitia, dilanjutkan memimpin penghormatan dan mengheningkan cipta kepada arwah pahlawan Pangeran Jayakarta dengan ditandai peletakan karangan bunga dan tabur bunga yang diikuti Pejabat Utama Kodam Jaya dan Persit PD Jaya.

Baca Juga  Penangkapan dan Penahanan Selama 4 (empat) Bulan, Dilakukan Polres Nisel Terhadap ST, Lalu Dibebaskan "Pihak Keluarga Keberatan"

 

Rangkaian ziarah diakhiri bersilaturahmi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat sekitar komplek makam Pangeran Jayakarta, dilanjutkan pemberian bantuan dan sumbangan untuk Masjid As Syalafiah dan kepada anak yatim Darussalam.

 

Hadir mendampingi Pangdam Jaya dalam Ziarah, Para Pejabat Utama Kodam Jaya.( DM )

 

(Sumber Pendam Jaya)

Share :

Baca Juga

Cirebon

Sambang patroli Bhabinkamtibmas Kesenden Polsek Utbar Polres Ciko himbau kerukunan lingkungan

Budaya

Kapolresta Cirebon Pimpin Upacara Korps Rapot Kenaikan Pangkat Periode 1 Juli 2023

TNI/ Polri

Hendra, Kolaborasi TNI Polri Sangat Membantu Maksimalkan Capaian Vaksinasi

Cirebon

Polresta Cirebon Gelar Syukuran HUT ke-78 Korps Brimob Polri

Cirebon

Polresta Cirebon Amankan Pengedar OKT Tanpa Izin Resmi di Wilayah Susukan

Cirebon

Kapolresta Cirebon Berikan Penyuluhan kepada Siswa SMK Sultan Agung

Cirebon

Kontingen Badminton Kapolda Cup Polresta Cirebon Resmi Dilepas

Cirebon

Sebulan Setengah Motor Hilang Dicuri, Akhirnya Motor Ahmad Sawqiy dan Putri Kembali Ditemukan Polsek Arjawinangun Polresta Cirebon

Contact Us