Pemkab Samosir Gelar Advokasi, Koordinasi, dan Bimtek Pokjanal Posyandu Dalam Transformasi Layanan Primer

IDN Hari Ini, Samosir- Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan advokasi, koordinasi dan bimtek Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu, Puskesmas, Camat, PKK dan Mitra dalam pengelolaan Posyandu dalam Transformasi Layanan Primer, yang dilaksanakan di Aula Hotel Aek Rangat, Pangururan, Kamis (14/3/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Samosir yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, ST, MM, dan diikuti peserta sebanyak 66 orang terdiri dari lintas OPD, TP. PKK, Kepala Puskesmas, Kepala Desa/Lurah dan Kader Posyandu.

Baca Juga  Kunjungan Ke Raja Ompung Baginda Pasaribu Tokoh Batak Pemegang Tukkot ( Tongkat ) Raja Batak Datu Dalu Asli

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hotraja Sitanggang, ST, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbicara posyandu harus melibatkan seluruh stakeholder dan berjalan sesuai dengan porsinya masing-masing. Saat ini, pelayanan kesehatan yang difokuskan ke arah pencegahan merupakan transformasi kesehatan yakni transformasi layanan primer yang ada Puskesmas dan Posyandu.y

“Sekarang Posyandu bisa melayani bayi, Ibu, anak-anak, remaja, dewasa, sampai lansia,” kata Hotraja.

Baca Juga  Polresta Cirebon & IJTI Kembali Salurkan Bantuan Gelombang Ketiga Dari Donasi Posko Peduli Cianjur

Dibentuknya Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu, kata Hotraja memiliki peran yang sangat penting dalam memberdayakan masyarakat, terutama dalam hal meningkatkan derajat kesehatan dan juga kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi.

“Kelompok kerja ini terdiri dari lintas OPD, PKK dan mitra lainnya. Maka bagaimana kita menyatukan gerak dan sikap dalam membesarkan peran posyandu dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat”, ujar Hotraja.

Baca Juga  Polsek Kedawung Polres Ciko Gelar Jum’at Curhat Ajak Kondusifitas Di Bulan Ramadhan

Hotraja juga berharap, sebagai wadah yang multi fungsi dan multi sektor, pokjanal ini harus memiliki kegiatan dan program yang langsung berdampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Samosir.

Kegiatan diisi dengan penyampaian materi oleh narasumber yakni Jonny Siagian, SH, MM (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Utara) dan dr. Dina Hutapea Kadis Kesehatan Kabupaten Samosir.(Manda m)

Share :

Baca Juga

Banten

KITA-PD Tangerang Raya, Resmi Laporkan Indikasi Dugaan Korupsi “Mark-Up Anggaran” Peningkatan Jalan Juanda – Kota Tangerang

Daerah

Wakil Bupati Samosir Melantik Dan Pengambilan Sumpah 34 Pejabat Administrator Dan Pengawas

Uncategorized

Dugaan Penggelapan Dana PKH, Resmi Dilaporkan ke Kejati Banten

Banten

Camat Periuk H.Nanang Kosim, Pimpin Acara Pemberian Makanan Tambahan Bagi Balita

Cirebon

Sambut Hari Bhayangkara ke-77, Kapolresta Cirebon Lepas Pemberangkatan Tim Pengambilan Air Suci

Daerah

Tinjauan Bupati Humbahas Ke Proyek, Pembangunan Jalan Parbotihan Pulo Godang-Temba

Uncategorized

Beredar Isu Penculikan Anak Di Lebak, Polres Lebak Sebar Hotline Yang Bisa Dihubungi Masyarakat

Daerah

Sinergitas TNI-POLRI Menjaga Kamtibnas, Polres Humbang Hasundutan Laksanakan Patroli Bersama

Contact Us