Home / Banten / Infrastruktur / Ragam / Tangerang Raya

Senin, 9 Januari 2023 - 19:26 WIB

Pemkot Tangerang ” Antisipasi Banjir Bangun Sembilan Embung Baru “

IDN Hari Ini, Kota Tangerang – Sebagai usaha pencegahan terhadap banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membangun sembilan embung baru yang akan dilaksanakan pada tahun 2023. Sembilan embung tersebut nantinya akan berada di tujuh titik di Kota Tangerang.

“Sebagai bagian dari master plan penanganan banjir di wilayah Kota Tangerang, kami dari Dinas PUPR akan membangun sebanyak sembilan unit embung di tujuh titik di Kota Tangerang. Kita sebelumnya sudah memiliki delapan embung yaitu di Kelurahan Nusa Jaya, Kelurahan Bugel, Cipondoh Makmur, Kampung Darusalam, Embung Larangan, Kelurahan Cipondoh Indah, Kelurahan Pondok Bahar,” ungkap Kepala Dinas PUPR, Ruta Ireng Wicaksono saat ditemui di ruangannya, Senin (09/01/23).

Baca Juga  Kunjungan Kepala Perwakilan Bank Dunia Untuk Indonesia-Timor Leste Ke Humbang Hasundutan

Ia melanjutkan, embung-embung tersebut dibangun di dekat titik-titik yang merupakan daerah rawan banjir dan tidak jauh dari saluran air primer maupun sekunder yang ada di Kota Tangerang.

“Embung-embung ini akan dibangun di dekat titik-titik yang merupakan daerah rawan banjir di Kota Tangerang, dan lokasinya tidak jauh dari saluran air sekunder dan primer yang terhubung ke sungai ataupun kali. Sehingga, nanti sumber air yang masuk ke embung, kemudian nanti akan dialirkan ke sungai-sungai besar yang ada di Tangerang yaitu sungai Cisadane, Cirarab, dan Angke,” lanjutnya.

Baca Juga  Bupati Samosir Sebagai Inspektur Upacara Dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila

Dengan adanya tambahan pembangunan embung ini, diharapkan dapat menambah kapasitas pengendalian banjir di Kota Tangerang terutama dalam hal manajemen air.

“Mudah-mudahan dengan terbentuknya embung yang baru di 2023 ini, dapat menambah kapasitas pengendalian banjir di Kota Tangerang terutama dalam hal manajemen air, kapan air harus parkir dulu atau dialirkan, karena Kota Tangerang konturnya relatif datar. Sehingga, pergerakan air dari hulu ke hilir sangat lambat jadi perlu tempat penampungan yang dilengkapi dengan pintu dan pompa,” tutupnya.

Baca Juga  PT. Internasional Putra Diduga Wanprestasi¬†Atas Pembebasan Lahan Pembangunan Rumah Sakit Di Kabupaten Gorontalo

Sebagai informasi, sembilan embung yang akan dibangun oleh Pemkot Tangerang yaitu berada di Kelurahan Paninggilan sebanyak dua unit, Embung Bugel, Embung Griya Kencana I dan II, Embung Kali Sabi, Embung Periuk di Jl. M.Toha, Embung Pondok Bahar, dan Embung Sekneg Kelurahan Cikokol. (Red)

Share :

Baca Juga

Banten

Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, “Sholat Tarawih Di Masjid Al-Adzom”

Tangerang Raya

PT PLN Sepatan Kab. Tangerang Tolak Bertemu LSM da Jurnalis

Banten

Diduga SMA Negeri 15 Lakukan Pungli Dengan Alasan Giat Agama

Daerah

Hari Terakhir Pelaksanaan Musrenbang RKPD 2025, Digelar di Kecamatan Simanindo, Harian, Nainggolan dan Sianjur Mulamula

Daerah

Pemerintah Kebupaten Humbahas Terima Audensi Finalis Miss Remaja Cilik Sumut

Tangerang Raya

 Limbah B3 Ditemukan Berserakan di Kec. Sindang Jaya, Pejabat Terkesan Tutup Mata

Tangerang Raya

Upaya Nyata DPW LSM PKN Berikan Bantuan Sosial Kepada Warga Miskin

Ekonomi

Realitas Kolonialisme Modern di Papua

Contact Us