Home / Daerah / Hukum / Jateng / Metropolitan / Nasional / Politik / Ragam / Regional / Wonosobo

Rabu, 5 Juni 2024 - 16:01 WIB

Pengukuhan Masa Jabatan Kepala Desa dan TP PKK di Kabupaten Wonosobo: Momen Bersejarah dan Harapan untuk Masa Depan

IDN Hari Ini, Wonosobo – Pada tanggal 5 Januari 2024, sebuah momen yang telah dinantikan sejak lama akhirnya terwujud dengan terlaksananya pengukuhan masa jabatan kepala desa dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) desa se-Kabupaten Wonosobo. Acara yang penuh makna ini direspon langsung oleh Bupati Wonosobo, H. Afif Nurhidayat, S.Ag.

Momen ini merupakan hasil dari perjuangan panjang para kepala desa yang telah berulang kali melakukan kunjungan ke Jakarta. “Mudah-mudahan setelah acara pengukuhan ini, semua kepala desa bisa mempedomani dengan Undang-Undang yang sudah direvisi, dari UU No. 6 Tahun 2014 menjadi UU No. 3 Tahun 2024.

Baca Juga  Moskow Hajar Taliban Siapkan 30 Thank   Modern di Perbatasan Tajikistan

Sehingga terkait dengan kepala desa, mereka bisa melayani masyarakat lebih baik dan lebih amanah dalam menjalankan tugasnya,” ucap Sri Hartini, Kepala Desa Kalierang, Kabupaten Wonosobo.

Revisi undang-undang tersebut mengatur bahwa masa jabatan kepala desa kini adalah 6 tahun dengan tambahan 2 tahun, dan kepala desa yang baru menjabat satu atau dua periode dapat mencalonkan lagi untuk satu periode tambahan. Sedangkan kepala desa yang telah menjabat tiga periode akan mendapat tambahan masa jabatan 2 tahun, namun tidak diperbolehkan mencalonkan lagi.

Baca Juga  Drumb Band Kota Tangerang Sabet Peringkat ke IV Nasional Dalam Pehelatan KEJURNAS

Acara pengukuhan ini dihadiri oleh para kepala desa dan anggota TP PKK dari seluruh desa di Kabupaten Wonosobo. Dukungan penuh juga terlihat dari beberapa anggota dewan dari partai Golkar, Gerindra, dan PKB yang turut hadir.

Dalam sambutannya, Bupati Afif Nurhidayat menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan.

Baca Juga  Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Di Buka Wakil Bupati Samosir

“Wonosobo masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Diharapkan teman-teman kepala desa se-Wonosobo bisa membangun dan menjadikan Wonosobo lebih maju dan lebih baik dari sebelumnya,” tegasnya.

Dengan pengukuhan ini, diharapkan kepala desa dapat memanfaatkan masa jabatan mereka untuk mengimplementasikan program-program pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan desa secara keseluruhan.(Sugito)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kapolres Nias Terima Kunjungan Panitia Rakor Pendeta dan HUT Gereja ONKP

Cirebon

Polri Peduli Generasi Bangsa, Kapolsek Talun Berikan Penyuluhan Kepada Pelajar SMK

Politik

Tepis Perpecahan  Internal Golkar, Luhut-Airlangga Semakin Mesra

Daerah

Pemkab Humbahas Turut Hadiri Ibadah KK, Pdt. Stepen Tong Di Lapangan Merdeka Dolok Sanggul

Daerah

Bupati Humbahas Rakor Indonesia Pandai Berhitung dipimpin Menkomarves

Cirebon

Polresta Cirebon Gelar Deklarasi Pemilihan Kuwu Damai Bersama Seluruh Komponen

Cirebon

Sebulan Setengah Motor Hilang Dicuri, Akhirnya Motor Ahmad Sawqiy dan Putri Kembali Ditemukan Polsek Arjawinangun Polresta Cirebon

Daerah

Bupati Dan Wakil Bupati Humbahas Menggunakan hak pilihnya Didesa Pakkat Kecamatan Doloksanggul

Contact Us