Home / Daerah / Infografis / Metropolitan / Nasional / Ragam / Regional / Samosir / Sumut

Sabtu, 25 November 2023 - 08:23 WIB

PLN Hadirkan Listrik Andal selama Aquabike Jetski Danau Toba 2023

IDN Hari Ini, Samosir – Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah memastikan listrik andal telah disediakan secara maksimal untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan Aquabike Jetski World Championship 2023 yang digelar mulai 22-26 November 2023 di Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut).

Bukti keandalan listrik PLN itu sudah dibuktikan pada race perdana (Karo Cup) Aquabike World Championship 22 November 2023 di Pantai Sinalsal, Tongging, Kabupaten Karo.
General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumut, Awaluddin Hafid, memantau langsung kesiapsiagaan seluruh peralatan dan petugas di Pantai Sinalsal, Tongging itu.

“Saya ingin memastikan kesiapsiagaan seluruh peralatan dan petugas yang standby dalam menjaga pasokan kelistrikan di venue race perdana (Karo Cup) Aquabike World Championship maupun venue lainnya berjalan agar dengan baik. Syukur alhamdulillah seluruh perlengkapan dan petugas siap untuk menyukseskan gelaran itu,” ucap Awaluddin, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga  Wagub Humbahas Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH, Secara Resmi Membuka Porkab Tingkat SMP Se-Kabupaten Humbahas

Tersebar di seputaran venue, tampak seluruh punggawa PLN berjaga-jaga untuk mengamankan kelistrikan. Seluruh peralatan pun diaktifkan untuk mengantisipasi manakala terjadi gangguan kelistrikan saat gelaran berlangsung.

Pada Race perdana (Karo Cup) Aquabike World Championship yang diikuti sebanyak 25 pembalap dari berbagai Negara. Para pembalap wajib mengikuti dua kali race dan dinyatakan sebagai pemenang race Karo Cup apabila dapat mengumpulkan jumlah putaran terbanyak dalam waktu 1 jam.

“Alhamdulillah cuaca di venue pantai Sinalsal cerah dan race perdana (Karo Cup) Aquabike Jetski World Championship 2023 berjalan dengan sukses dan lancar tanpa gangguan kelistrikan sedikit pun, di venue lainnya kami pastikan hal serupa juga,” tutup Awaluddin.

Sebelumnya, Executive Vice President Operasi Distribusi Sumatera Kalimantan (EVP ODS) PT PLN (Persero) Kantor Pusat, Agung Nugraha mengatakan bahwa PLN Unit Induk Distribusi Sumatra Utara menerapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis untuk menjaga keandalan pasokan listrik saat kejuaraan jetski Internasional Aquabike Jetski World Championship pada 22-26 November 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara.

Baca Juga  Kapolresta Cirebon Hadiri Pembukaan PD PKNU Angkatan III Tahun 2024

Seluruh infrastruktur kelistrikan dalam mendukung pergelaran Aquabike World Championship telah rampung 100 persen. Ia juga menyampaikan untuk terus mengawal pasokan listrik selama acara tersebut berlangsung dalam kondisi andal.

Infrastruktur Kelistrikan telah rampung 100 persen sejak beberapa hari sebelum event dibuka. PLN akan mengawal keandalan pasokan listrik selama perhelatan itu berjalan dengan baik.

Selain itu, PLN telah melakukan uji coba skema pengaman kelistrikan yang telah dipersiapkan. Serangkaian simulasi telah dilakukan untuk memastikan pengamanan tersebut berfungsi dengan baik, ungkap Agung Nugraha.

Baca Juga  Pemerintah Humbang Hasundutan Dan Masyarakat Beribadah Bersama Dalam Memperingati Hari Paskah Tahun 2024

Awaluddin menambahkan, menyampaikan PLN juga telah mempersiapkan posko kelistrikan berbasis Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA). Sistem ini teringtegrasi dari Gardu Hubung, jaringan 20 kV hingga sistem keamanan listrik di venue.

Simulasi pengamanan kelistrikan telah dilakukan dan berjalan dengan baik. Jika terjadi gangguan, PLN dapat melakukan pemulihan pasokan kelistrikan dalam waktu 2 detik, pungkas Awaluddin.

Kelistrikan di seluruh venue gelaran Aquabike World Championship akan terus dipantau dan dipastikan aman. Pengecekan secara berkala akan dilakukan oleh petugas dan puluhan srikandi PLN guna mendukung kesuksesan mulai dari pembukaan, puncak acara dan penutupan.

Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba digelar di empat kabupaten sekaligus yaitu Toba, Karo, Dairi, dan Samosir pada 22-26 November 2023. (Manda)

Share :

Baca Juga

Daerah

DPC Partai GELORA Kabupaten Wonosobo- Jawa Tengah, Hadir Dalam Rapat Konsolidasi untuk Sukseskan Prabowo-Gibran

Cirebon

Kapolresta Cirebon Kunjungi Sejumlah Polsek Jajaran Cek Pelayanan Publik dan Beri Motivasi Kerja Kepada Anggota

Daerah

Kecelakaan Bus Study Tour di Subang, LSM KIPANG : Mengecam Keras Tanggung Jawab Pemerintah Segera Terbitkan Larangan

Daerah

Ketua KPAI Serahkan Penghargaan Kepada Pemkab Samosir

Daerah

Bupati Humbahas Menghimbau Pelayanan RSU Doloksanggul Harus Ditingkatkan dan Jauh Lebih Baik

Daerah

Gubernur Sumut Berikan Penghargaan Kepada Novi Dharmayanti Dari Samosir Untuk Perayaan Hari Kartini Se-Sumut

DKI

1.867 Personel Polda Metro Naik Pangkat Di Awal Tahun 2023

Daerah

Tinjauan Camat Parlilitan,Darmo Hasugian Ke Banjir Bandang Di Desa Sion Julu Dan Desa Sion Tonga

Contact Us