Home / Bisnis

Jumat, 20 Mei 2022 - 07:16 WIB

Jokowi Buka Kran Ekspor CPO dan Minyak Goreng

Jakarta, IDN Kari Ini – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memutuskan mencabut kebijakan larangan ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan minyak goreng mulai Senin, 23 Mei 2022.

Dalam konferensi pers secara virtual, Jokowi mengatakan ada tiga penyebab mengapa ia akhirnya membuka lagi keran ekspor CPO dan minyak goreng.

Pertama, harga minyak goreng curah sudah turun dari Rp19.800 per liter menjadi Rp17.200-Rp17.600 per liter setelah CPO dilarang sejak 28 April 2022. Kedua, pasokan minyak goreng juga bertambah di pasaran dari yang hanya 64 ribu ton menjadi 211 ribu ton per bulan.

Baca Juga  Puan Maharani Kritik Jokowi, Pengamat Tindakan Yang salah

Ketiga, Jokowi mempertimbangkan belasan juta tenaga kerja yang mencari rezeki di industri sawit. Mereka terdampak karena ekspor CPO dilarang.

“Pertimbangan 17 juta orang di industri sawit baik petani dan pekerja maka saya putuskan ekspor minyak oreng dibuka kembali Senin 23 Mei 2022,” kata Jokowi.

Baca Juga  Presiden Jokowi  Tunjuk PT Danareksa  Pengelola 10 BUMN dalam Holding Danareksa.

Pencabutan larangan izin ekspor CPO dan minyak goreng ini tentu saja mendapatkan sambutan hangat dari banyak pihak, baik petani maupun pengusaha.

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) berterima kasih kepada Presiden Jokowi dibukanya keran ekspor CPO. Ketua Umum Apkasindo Gulat Manurung mengatakan meski berat, petani sawit akhirnya bisa berhasil melalui tantangan tersebut.

Baca Juga  Luhut Klaim 8 Proyek Investasi Bombastis

“Terima kasih dan salam hormat kami petani sawit Indonesia kepada pak Jokowi. Meskipun sulit dan berat tapi kami berhasil melaluinya dan menunjukkan komitmen bernegara,”kata Gulat.(idn )

tag: CPO, Minyak goreng, Ekspor, Headline

Share :

Baca Juga

Bisnis

Minyak Goreng Curah Hilang dari Peredaran

Bisnis

ADA  “PAT GULIPAT” TERKAIT DUGAAN PRAKTEK DISTRIBUSI ILEGAL BBM JENIS PERTALITE DI SPBU 34-11707

Bisnis

Harga Terbaru BBM Shell

Bisnis

Luhut Klaim 8 Proyek Investasi Bombastis

Bisnis

Rudy Salim Gugat  Sri Mulyani dan Dirjen Pajak ke PTUN

Bisnis

Indonesia Produksi Sawit Terbesar Dunia, Harga Minyak Goreng Memlambung

Bisnis

Pilihan Terahir, Jokowi Umumkan Kenaikan BBM Subsidi

Bisnis

Presiden Jokowi  Tunjuk PT Danareksa  Pengelola 10 BUMN dalam Holding Danareksa.

Contact Us