Home / Bisnis / Ekonomi

Sabtu, 19 Maret 2022 - 07:18 WIB

Minyak Goreng Curah Hilang dari Peredaran

IDN Hari Ini- Stok minyak goreng curah mulai susah ditemukan di pasar tradisional. Hal ini terjadi tepat setelah pemerintah menggelontorkan subsidi untuk minyak goreng curah dan mencabut aturan harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng kemasan sederhana dan premium.

Kekosongan stok salah satunya terjadi di Pasar Senen, Jakarta. Pasokan minyak goreng curah kosong saat Menteri Perdagangan M Lutfi sidak pada Kamis (17/3) lalu.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengklaim pasokan minyak goreng curah baru akan dikirim kemarin.

“Ini (baru) mau datang karena di sini pasokannya 10 hari sekali karena di sini minyak goreng curah tidak seperti yang lain lah,” ungkap Oke, dikutip dari Detik, Jumat (18/3).

Baca Juga  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Ubah Masa Berlaku Tes PCR

Sementara, mengutip dari berbagai sumber, stok minyak goreng curah di beberapa toko Pasar Subah, Batang, Jawa Tengah juga kosong.

Di sisi lain, pasokan minyak goreng kemasan langsung membanjiri ritel modern. Berdasarkan pantauan media pagi ini, minyak goreng kemasan mulai memenuhi rak Alfamidi, Mencong, Ciledug, Tangerang.

“Kemarin masih kosong, ini baru ada, cuma segitu saja,” ucap Karina, salah satu pelayan Alfamidi.

Terpantau, terdapat minyak goreng kemasan merek Fortune dan Sania ukuran 2 liter dengan harga sama, yakni Rp47.800.

Baca Juga  Presiden Jokowi  Tunjuk PT Danareksa  Pengelola 10 BUMN dalam Holding Danareksa.

Tak jauh dari sana, Indomaret di Mencong Raya hanya menjual minyak merek Fitri dengan ukuran 1 liter dan 2 liter. Untuk ukuran satu liter dijual seharga Rp25.500 dan Rp50.400 per 2 liter.

Staf Indomaret bernama Cantika menyatakan pihaknya baru menjual minyak goreng sawit lagi usai kosong 3 hari lalu. Ia menyebut pembelian tak lagi dibatasi seperti sebelumnya saat harga eceran tertinggi (HET) Rp14 ribu per liter.

“Setahu saya sudah tidak dibatasi lagi,” ucap Cantika.

Baca Juga  Warga Tangerang Geruduk Inspektorat Provinsi Banten

Stok minyak goreng kemasan di Solo juga melimpah sejak kemarin. Harga minyak goreng kemasan di Pasar Swalayan Luwes Kestalan dan Luwes Gading dibanderol sebesar Rp23 ribu-Rp24 ribu per liter.

Sebagai informasi, pemerintah hanya memberikan subsidi kepada minyak goreng curah. Namun, HET minyak goreng curah naik dari Rp11.500 per liter menjadi Rp14 ribu per liter.

Sementara, harga minyak goreng kemasan sederhana dan premium ditetapkan dengan skema pasar. Ketika harga CPO naik, maka harga minyak goreng kemasan akan mengikuti.(mm)

tag: Minyak goreng, ekonomi, Harga

Share :

Baca Juga

Bisnis

Harga Terbaru BBM Shell

Bisnis

Presiden Jokowi  Tunjuk PT Danareksa  Pengelola 10 BUMN dalam Holding Danareksa.

Ekonomi

Turut Gerakkan Ekonomi, Ketua DPD RI Apresiasi Kehadiran Pasar Syariah di Probolinggo

Bisnis

Jokowi Buka Kran Ekspor CPO dan Minyak Goreng

Bisnis

ADA  “PAT GULIPAT” TERKAIT DUGAAN PRAKTEK DISTRIBUSI ILEGAL BBM JENIS PERTALITE DI SPBU 34-11707

Bisnis

Pilihan Terahir, Jokowi Umumkan Kenaikan BBM Subsidi

Ekonomi

Harga Minyak Dunia Terjun Bebas,  Ekonomi China Melempem

Ekonomi

Ketua MPR tidak Bisa Inervensi Presiden Copot Srimulyani

Contact Us