Home / Buru / Daerah / Hukum / Maluku / Metropolitan / Nasional / Ragam / Regional / TNI/ Polri

Kamis, 1 Juni 2023 - 20:08 WIB

Dandim 1506/Namlea Pimpin Langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

IDN Hari Ini, Namlea ,Kab Buru Maluku – Bertempat dilapangan Upacara Kodim 1506/Nla , Dandim 1506/ Namlea Letkol Arh Agus Nur Fujianto S.,I.,P.,M.,Han memimpin langsung Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023. Kamis 01/06/23

Sambutan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, SE.,M.M yang dibacakan oleh Dandim Letkol Arh Agus Nur Fujianto bahwa Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi Bangsa Indonesia.

Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945. Setelah melalui proses diskusi yang mendalam.

Lanjut Dandim , para founding fathers selanjutnya menyetujui Pancasila sebagai dasar negara yang sah serta dicantumkan dalam Pembukaan UndangUndang Dasar 1945.

Dikatakan oleh Dandim , Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

” Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat, ” tegas Dandim.

Baca Juga  Pelepasan Taptu Dan Pawai Oleh Kapolres Humbahas Dan Forkopimda.

Sebagai prajurit TNI, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat Pancasila yang memiliki nilai nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika, kata Dandim.

Tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap Bangsa Indonesia yakni “gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.” Tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa. Sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan selesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong-royong dan bersatu padu.

Baca Juga  Danrem 133/NW Bersama Kapolda Gorontalo Pimpin Apel dan Rapim TNI-Polri Wilayah Provinsi Gorontalo TA. 2022

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingin berpesan kepada para prajurit sekalian untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila.

Dandim juga menekankan lewat arahan Panglima TNI kepada prajurit TNI yang menjadi pedoman untuk dilaksanakan , pertama TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pegang teguh sumpah dan janji kalian untuk selalu setia kepada NKRI. Jangan terpengaruh dengan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Kedua jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan. tonjolkan persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan kita sehari-hari baik dalam kedinasan maupun ketika kita berbaur dengan masyarakat.

Dan yang ketiga jaga terus sinergitas TNI dengan Polri, Kementerian, serta Lembaga lainnya. Sadari bahwa kita adalah bagian dari sistem yang saling membutuhkan, sehingga diperlukan semangat untuk bekerjasama, bersinergi dan bergotong-royong dalam upaya memajukan bangsa.

Baca Juga  Perayaan HUT RI Ke 78, Desa Mekar Jaya, Pancalang - Kuningan, Adakan Lomba Tangkap Ikan Lele

Bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan hari lahirnya Pancasila ini Kapten Inf M Haris Tumenggung dan sebagai Komandan Upacara Letda Inf Salem Pusung.

Hadir dalam upacara tersebut diantaranya , Dandim 1506/Nla Letkol Arh Agus Nur Fujianto, S.I.P.,M.Han , Pasi Ter Kpt INF Idris Leurima ,Pasi Ops Kpt INF Abas Siolon, Danramil Waiapo Kpt INF Pati Wael , Danramil 01 Namlea Kpt INF Tamrin Batuatas,
Pasi Log Letda Inf Ismail Umasugi , Danton 1 Kabaresi Letda Inf Rizal Taher.

Sementara itu personil yang ikut dalam upacara adalah , 1 barisan perwira kodim 1506/Nla , 1 SST dari kodim 1506/Nla , 1 SSR dari Koramil 01/Namlea , 1 SSR dari koramil 03/Air Buaya , 1 SSR dari Koramil Waiapo, 1 SST dari Kompi 731/Kbr , 3 anggota dari Subdenpom , 3 anggota dari Pos Kes Namlea. (Dw- Bung Forbes)

Share :

Baca Juga

Daerah

Bupati Humbahas Mou, Optimalkan Pemungutan Pajak Pusat Dan Daerah Bersama DJP-DJPK

Cirebon

Lagi – Lagi, Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon Gagalkan Aksi Tawuran, Amankan 11 Pemuda

TNI/ Polri

DPR Setujui Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Budaya

Peserta Lake Toba Bike Adventure 2023, Disambut Hangat Wakil Bupati Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH Di Sipinsur

Daerah

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata(DISBUDPAR) Gelar Pelatihan Guna Peningkatan Pengelola Destinasi Pariwisata

Nasional

Jokowi: Pemerintah Tegas tidak Tempuh Cara Inkonstitusional

Cirebon

Polresta Cirebon Gelar Ngopi Aspirasi Bersama Berbagai Unsur Masyarakat Beber

Buru

Program Alfamidi Berkah,  Pertama Kali  Di Kabupaten Buru.Dengan Undian-undian Bervariasi.

Contact Us