Home / Cirebon

Kamis, 11 November 2021 - 06:48 WIB

Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kota Cirebon Bentuk Satgas ( Operasi Sampah) OPS

Cirebon – IDN Hari Ini – Online. PERKEMBANGAN Kota Cirebon membawa dampak pertambahan jumlah sampah. Hal ini karena meningkatnya aktivitas berbagai kegiatan di Kota Cirebon. Pada sisi lain, kesadaran membuang sampah pada tempatnya masih belum optimal. Karena itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon membentuk Satgas Operasi Sampah (OPS).

Kepala DLH Kota Cirebon Kadini SSos mengatakan Satgas OPS melakukan langkah edukasi dan pembinaan kepada seluruh elemen masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat. Seperti pinggir jalan, sungai, tanah kosong, dan titik rawan lainnya. “Selama masa uji coba, kami banyak menemukan masyarakat yang membuang sampah sembarangan di pinggir jalan utama Kota Cirebon,” terangnya  akhir pekan kemarin.

Baca Juga  Korem 063/SGJ, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon Dan KPAID Kabupaten Cirebon, Berikan Kejutan Hari Bhayangkara Ke-77

Langkah edukasi dan sosialisasi sudah dilakukan secara masif dan berkelanjutan. Namun, kata Kadini, tetap saja masih banyak yang membuang sampah sembarangan di pinggir jalan-jalan utama Kota Cirebon. Karena itu, Satgas OPS hadir memberikan efek jera berupa sanksi tegas pada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Khususnya di pinggir ruas jalan utama yang menjadi wajah kota.

Saat menjalankan tugasnya, Satgas OPS mengedukasi dan menerapkan tahapan sanksi. Mulai dari teguran lisan, tertulis, denda, hingga kurungan penjara. Hal ini, lanjut Kadini, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah. Satgas OPS Kota Cirebon, ucap Kadini, akan diresmikan pada Selasa 26 Oktober 2021.

Baca Juga  Polresta Cirebon Ungkap Kasus Penemuan Jenazah di Sungai Desa Tegalgubug Lor

Pada Surat Keputusan Kepala DLH Kota Cirebon Nomor 660/KEP.0129-PKPLH/2021 tentang Satuan Tugas Operasi Sampah (Satgas OPS) terdiri dari tiga unit. Yaitu unit monitoring, unit penindakan, unit bersih cepat. Ketiga unit itu, ujar Kadini, bersinergi melakukan tugas operasi berkeliling di seluruh jalan utama Kota Cirebon sejak malam hari sampai 07.00 pagi. Hal ini dilakukan setiap hari sampai Desember 2021.

Baca Juga  Respons Cepat Tim Patoroli Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon Gagalkan Tawuran di Jamblang dan Talun

Kadini menjelaskan, langkah aktif dan masif yang dilakukan DLH bersama unsur terkait lainnya dalam Satgas OPS, bertujuan mewujudkan visi Cirebon Bersih. Hal utama lainnya, menghadirkan kenyamanan, kebersihan, kesehatan, kepada warga Kota Cirebon maupun masyarakat yang beraktivitas di Kota Cirebon. “Kami yakin, semangatnya sama. Ingin jalan bersih, sungai bersih, lingkungan sehat. Mari wujudkan bersama. Dengan kesadaran mengelola sampah dan tidak membuang sembarangan,” ucapnya. (Mh)

Share :

Baca Juga

Cirebon

Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon Gagalkan Aksi Tawuran, 10 Pemuda Diamankan

Cirebon

Ratusan Personel Gabungan Amankan Muswil ke-21 PWM Jawa Barat Di Stadion Ranggajati

Cirebon

SMPN. 1 Kota Cirebon Adakan Silaturahmi Dan Halal Bihalal

Cirebon

Tingkatkan Kemampuan, Personel Humas se-Ciayumajakuning Ikuti Bimtek di Polresta Cirebon

Cirebon

Kapolresta Cirebon Berikan Penghargaan, Kepada Tiga Kapolsek yang Meraih Kinerja Terbaik

Cirebon

Polresta Cirebon Amankan 3 Orang Pengguna Sabu – Sabu

Cirebon

Polresta Cirebon Berikan SIM D Gratis ke Penyandang Difabel

Cirebon

Polresta Cirebon Laksanakan Latpraops Operasi Mantap Brata Lodaya 2023 – 2024

Contact Us