Home / Cirebon

Kamis, 11 November 2021 - 06:48 WIB

Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kota Cirebon Bentuk Satgas ( Operasi Sampah) OPS

Cirebon – IDN Hari Ini – Online. PERKEMBANGAN Kota Cirebon membawa dampak pertambahan jumlah sampah. Hal ini karena meningkatnya aktivitas berbagai kegiatan di Kota Cirebon. Pada sisi lain, kesadaran membuang sampah pada tempatnya masih belum optimal. Karena itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon membentuk Satgas Operasi Sampah (OPS).

Kepala DLH Kota Cirebon Kadini SSos mengatakan Satgas OPS melakukan langkah edukasi dan pembinaan kepada seluruh elemen masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarang tempat. Seperti pinggir jalan, sungai, tanah kosong, dan titik rawan lainnya. “Selama masa uji coba, kami banyak menemukan masyarakat yang membuang sampah sembarangan di pinggir jalan utama Kota Cirebon,” terangnya  akhir pekan kemarin.

Baca Juga  Personel Polresta Cirebon Mendapat Kenaikan Pangkat Pengabdian

Langkah edukasi dan sosialisasi sudah dilakukan secara masif dan berkelanjutan. Namun, kata Kadini, tetap saja masih banyak yang membuang sampah sembarangan di pinggir jalan-jalan utama Kota Cirebon. Karena itu, Satgas OPS hadir memberikan efek jera berupa sanksi tegas pada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Khususnya di pinggir ruas jalan utama yang menjadi wajah kota.

Saat menjalankan tugasnya, Satgas OPS mengedukasi dan menerapkan tahapan sanksi. Mulai dari teguran lisan, tertulis, denda, hingga kurungan penjara. Hal ini, lanjut Kadini, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah. Satgas OPS Kota Cirebon, ucap Kadini, akan diresmikan pada Selasa 26 Oktober 2021.

Baca Juga  Patroli KRYD Polres Cirebon Kota Himbau Warga Peduli Kamtibmas

Pada Surat Keputusan Kepala DLH Kota Cirebon Nomor 660/KEP.0129-PKPLH/2021 tentang Satuan Tugas Operasi Sampah (Satgas OPS) terdiri dari tiga unit. Yaitu unit monitoring, unit penindakan, unit bersih cepat. Ketiga unit itu, ujar Kadini, bersinergi melakukan tugas operasi berkeliling di seluruh jalan utama Kota Cirebon sejak malam hari sampai 07.00 pagi. Hal ini dilakukan setiap hari sampai Desember 2021.

Baca Juga  Sub Bid Provos Bid Propam Polda Jabar Laksanakan Gaktiblin Personel Polresta Cirebon

Kadini menjelaskan, langkah aktif dan masif yang dilakukan DLH bersama unsur terkait lainnya dalam Satgas OPS, bertujuan mewujudkan visi Cirebon Bersih. Hal utama lainnya, menghadirkan kenyamanan, kebersihan, kesehatan, kepada warga Kota Cirebon maupun masyarakat yang beraktivitas di Kota Cirebon. “Kami yakin, semangatnya sama. Ingin jalan bersih, sungai bersih, lingkungan sehat. Mari wujudkan bersama. Dengan kesadaran mengelola sampah dan tidak membuang sembarangan,” ucapnya. (Mh)

Share :

Baca Juga

Cirebon

Ciptakan Situasi Kondusif, Polsek Gunung Jati Polres Cirebon Kota Gencar Operasi Miras

Cirebon

Polresta Cirebon Gelar Operasi Keselamatan Lodaya 2022 Mulai Hari Ini

Cirebon

Polresta Cirebon Amankan Agenda Gibran Rakabuming Raka di Sejumlah Lokasi

Cirebon

Kapolresta Cirebon Terima Kunjungan Perdana Bupati Cirebon

Cirebon

Polresta Cirebon dan Warga Gotong Royong, Bersihkan Jalan Sekitar Terowongan Kereta Api

Cirebon

Gatur Pagi Lalu Lintas Pabuaran Kuningan, Polsek Pabuaran Berikan Kelancaran Pengguna Jalan Raya

Cirebon

Satreskrim Polresta Cirebon Ungkap Perampokan Spesialis Minimarket Dan Curas

Cirebon

Satreskrim Polresta Cirebon Amankan Pelaku Pemerkosaan Anak di Bawah Umur

Contact Us