Home / Politik

Jumat, 19 November 2021 - 19:12 WIB

Emrus Puji  Anies Tanggapi Tuntutan Buruh dengan Mengajak  Duduk Bersama Mencari Solusi Terbaik

Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing.

Jakarta, IDN Hari Ini – Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing menilai, sikap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang menemui dan menyerap aspirasi massa buruh patut dicontoh oleh para pemimpin lain.

“Saya kira, (sikap Gubernur Anies) ini adalah contoh yang baik dari seorang pemimpin. Ketika ada demonstrasi, siapa yang dituju, dia (pemimpin) menemui mereka (para demonstran),” ucap Emrus, Kamis (18/11/2021).

Pernyataan Emrus ini, sebagai respons atas sikap Gubernur Anies menyusul aksi demonstrasi kaum buruh yang tergabung dalam Forum Serikat Pekerja Logam Elektronik Mesin (FPS LEM SPSI) di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Baca Juga  KPUD Melakukan Silaturahmi Dengan Kapolres P. Buru, Sekaligus Membahas Terkait Tahapan Pemilu Yang Akan Berlangsung Pada Tahun 2024

“Memang seorang pemimpin harus seperti itu, menemui demonstran yang saya liat aksi demo tadi natural, tidak by design dalam arti yang negatif,” tutur dia.

Lebih jauh, Emrus juga memuji cara Anies menanggapi tuntutan buruh dengan mengajak mereka duduk bersama mencari solusi terbaik. Dalam tuntutannya, demonstran meminta kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar 3,57 persen.

Baca Juga  Yusril Sindir AHY, Kalau PBB Tak Calonkan, Bapak Anda Nggak Jadi Presiden

“Bahkan, tadi saya baca berita di media, Anies ini mengajak mereka (demonstran) berdiskusi, duduk bersama di trotoar, bukan di ruang ber-AC, untuk mencarikan jalan keluar,” tuturnya.

Berdasarkan informasi yang dia baca, Sang Gubernur menawarkan sejumlah program kesejahteraan untuk membantu meringankan biaya hidup buruh di Ibu Kota.

Hal ini menurut Emrus, salah satu solusi yang bisa dilakukan Pemrov DKI Jakarta, lantaran keputusan kenaikan UMP sebagaimana tuntutan kaum buruh tersebut berada di tangan Pemerintah Pusat.

Baca Juga  Polresta Cirebon Amankan Agenda Gibran Rakabuming Raka di Sejumlah Lokasi

“Dalam diskusi itu, Anies ini, kalau saya gak salah baca, tadi menawarkan solusi untuk menurunkan biaya hidup buruh di Jakarta. Dan saya pikir ini adalah langkah bagus dari seorang Anies,” demikian ungkap Emrus, Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan. ( IDN )

Share :

Baca Juga

Politik

Big Data Andalan Luhut Perpanjang Masa Jabatan Preiden Jokowi

Banten

HMI Anggap Sistem Proporsional Tertutup Sangat Membatasi Partisipasi Publik dan Titik Nadir Politik Kita

Politik

BEM UI Sebut Binsar Panjaitan Arogan?

Banten

Peringati Hari Amal Bhakti Kemenag, ” Wakil Walikota Tangerang H. Sachrudin Buka Acara Gerak Jalan “

Politik

Bantuan Ganjar Tuai Polemik

Daerah

DPRD Tulungagung Gelar Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Pengganti Antar Waktu Wakil Ketua Dan Anggota DPRD Tulungagung Sisa Masa Jabatan 2019-2024

Daerah

Partai Gerindra DPC Kabupaten Wonosobo, Lebih Fokus pada Pemenangan Calon Legislatif dan Capres-Cawapres

Daerah

Sekda Kabupaten Humbahas Menghadiri Rapat Koordinasi Bawaslu Dengan Stakeholder,Pengembangan Strategis Kelembagaan Dalam Rangka Pemilu 2024

Contact Us