Home / Uncategorized

Kamis, 19 Mei 2022 - 10:42 WIB

Jokowi Instruksikan Pembangunan IKN Nusantara Konsep Forest City Kehutanan

Jakarta, IDN Hari Ini — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengungkapkan luas tutupan hutan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur hanya 42 persen.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, pemerintah akan berupaya menambah tutupan hutan sampai 75 persen.

“Saat ini tutupan hutannya hanya 42 persen dan kita harus mengimprove [memperbaiki] tutupan hutan di IKN hingga 75 persen,” ucap Siti dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5).

Baca Juga  TNI AL Gagalkan Penyeludupan Kokain Senilai 1,25 Triliun Rupiah

Adapun Jokowi menginstruksikan pembangunan IKN Nusantara berkonsep forest city atau kota hutan. Maka, dari sisi kehutanan, 75 persen tutupan lahannya harus hijau.

Siti mengatakan pihaknya menyiapkan kawasan persemaian yang akan digunakan sebagai penyuplai bibit. Persemaian dilakukan untuk rehabilitasi lahan dan pemulihan lingkungan di kawasan IKN dan sekitarnya.

Lahan untuk persemaian berada di Kawasan Hutan Produksi di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, dengan luas 120 hektare.

Baca Juga  Aquabike World Championship 2023, Menduniakan Danau Toba.

Menurut rencana, sarana utama persemaian seluas 32,5 hektare akan dibangun pada area ini untuk memproduksi bibit lebih kurang 15 juta batang per tahun.

“Refleksi yang ingin disampaikan pemerintah dalam pembangunan persemaian ini adalah bahwa pemulihan lingkungan berlangsung beriringan dengan pembangunan infrastruktur IKN,” ujarnya.

Saat ini, pembangunan persemaian di Mentawir dikelola oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kementerian sudah mulai membangun waduk untuk sistem persediaan air (water supply) pembibitan.

Baca Juga  Pedagang Bantaran Kali Pasar Sipon, Meminta " DiBina Bukan DiBinasakan "

Sedangkan, lanjut Siti, KLHK sudah membuat bedeng pengumpulan bibit sementara dengan kapasitas hingga 1 sampai 1,2 juta batang.

“KLHK juga sedang mengupayakan meminta listrik PLN agar bisa masuk ke areal persemaian atas biaya dari KLHK,” kata dia. (idn )

tag: IKN, Hutan, Forest City,Headline

Share :

Baca Juga

Uncategorized

Bono Para Bienvenida Codere Cómo Usar Retirar Sumado A Apostar Con El Código De Recibo Codere Para Beneficiarse Mucho Dinero Con El Bono De Bienvenida Julio 2023 Méxic

Uncategorized

Mostbet МостБет: до 25000 бонус при регистрации зеркало и отзывы о букмекерской конторе МостБет оффшорны

Uncategorized

SD Negeri 173335 Paranginan, Gelar Acara Doa Bersama : Pemberangkatan & Perpisahan

Uncategorized

Przegląd Slottica Casino Polsca: bonusy, gry i recenzje 202

Uncategorized

KONI Provinsi Banten, Bantah Rumor Tidak Akan Melantik Pengurus KONI Kota Tangerang

Daerah

Kunjungan Kerja Bupati Samosir Ke 3 Desa Dan 1 Kelurahan Disambut Antusias Masyarakat 

Uncategorized

Diguyur Hujan, Warga Kota Tangerang Antusias Ikuti Gerak Jalan Santai

Uncategorized

Panglima TNI Pimpin Sertijab Tujuh Jabatan di Lingkungan Mabes TNI

Contact Us