Home / Tangerang Raya

Selasa, 11 Januari 2022 - 06:19 WIB

Kuatkan Persaudaraan Antar Pemuda, PAN Gelar Silaturasa Tangerang Raya

Tangerang Selatan- Perbedaan wilayah administratif seperti Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang tidaklah menjadi penghalang bagi para anak muda untuk guyub dan menyatukan semangat yang sempat meredup dalam beberapa tahun lalu.

Mengusung tema besar “Silaturasa Tangerang Raya”, semangat untuk kembali membangun gerakan yang lebih besar dan berdampak sangatlah terasa.

Bagaimana tidak? Momen kali ini turut dihadiri oleh para pemuda yang telah membuktikan kontribusinya bagi sekitar, baik bagi komunitas, warga, hingga bagi konstituen sebagai legislator daerah.

Digagas oleh Faisal Alfansury, seorang pemuda kota Tangerang selatan yang juga belajar dan tumbuh di Tangerang, kini mengemban amanah yang besar menjadi Juru Bicara Muda Partai Amanat Nasional (PAN).

Forum kali ini turut dihadiri oleh Achmad Farisi Taher, Anggota DPRD Provinsi Banten, serta Asropi Setiawan, Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan. Meski Dwiki Ramadhani, Anggota DPRD Kota Tangerang berhalangan hadir, berkumpulnya para legislator muda dalam satu forum besar sangat jarang kita temui. Tidak heran, acara kali ini bisa dikatakan sebagai contoh yang baik bagi partai politik di Indonesia untuk lebih dekat dengan para pemuda.

Baca Juga  Bupati Tangerang Bersama Pangdam Jaya Dan Kapolres Kota Tangerang, Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Dan PPKM Darurat

“Acara ini diniatkan untuk silaturahmi dan memperkuat tali persaudaraan kita antar pemuda, mengingat dialog-dialog tentang politik gagasan dan anak muda masih sangat minim, saya coba tahun ini sebagai momentum baru untuk memulai kembali segala hal yang terabaikan dan tertinggal di tahun sebelumnya,” Ujar Faisal Alfansury dalam acara yang diadakan di Kampung Konservasi Rimbun pada Sabtu (08/01) malam.

Menurut Faisal Alfansury, atau pemuda yang akrab disapa Alfan ini, mengatakan bahwa literasi politik anak-anak muda harus ditingkatkan lagi, anak muda harus punya banyak referensi dan sering diskusi. Minimnya silaturahmi menjadi salah satu penyebab banyaknya permasalahan yang bahkan tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah sekalipun.

“Masa depan kota/kabupaten kita bergantung pada anak mudanya, kita harus mempersiapkan diri dan mengedepankan politik gagasan agar tidak mudah terprovokasi. Momentum ini kita jadikan untuk  mulai kembali menumbuhkan cinta yang menghadirkan persaudaraan.” Ujar Alfan.

Baca Juga  Hari Tuber Kulosis Sedunia, RSUD Kota Tangerang Berikan Terobosan.

Meskipun anak muda mendominasi demografi penduduk Indonesia, namun perannya masih terhitung minim dalam percaturan sosial politik mulai dari tingkat daerah maupun nasional. Belum lagi melihat polarisasi yang kerap terjadi beberapa tahun belakangan ini, yang berhasil memecah belah dan membuat sebagian anak-anak muda menjadi kontra produktif.

Salah satu pembicara, Achmad Farisi Taher menambahkan “Terlalu mahal jika persaudaraan kita dipertaruhkan. Oleh karena itu, silaturahmi hari ini kita sepakati sebagai momentum untuk memulai tahun 2022 dengan menggerakan politik gagasan. Senang rasanya bisa diskusi dengan teman-teman pemuda lintas Tangerang Raya, mengahasilkan ide-ide baru yang bisa kita pakai untuk kemajuan daerah kita satu sama lain.”

Melihat bonus demografi yang sudah di depan mata, kegiatan ini juga direspons baik oleh Asropi Setiawan yang turut serta mengajak teman-teman pemuda untuk lebih berani melakukan aksi. Dalam paparannya asropi mengatakan “Keterlibatan anak muda dalam menetukan arah pembangunan daerah sangatlah penting. Kita harus lebih percaya diri, terus bangun silaturahmi dan ajak teman-teman pemuda lainnya untuk berkontribusi.”

Baca Juga  Anggota DPR RI Ananta Apresiasi Langkah BUMN Sebagai Lokomotif Ekonomi

Potensi anak muda – anak yang seharusnya  bisa mulai untuk dilibatkan, rasanya berbagai persoalan politik dan kebijakan publik lokal maupun nasional menjadi sangat mungkin terselesaikan dengan lebih efektif.

Karenanya, hadirnya ruang diskusi kali ini tidaklah berlebihan jika dikatakan sebagai role model untuk menunjukkan peran aktif para pemuda.

Sebagai sebuah wilayah, peran para pemuda Tangerang Raya kali ini menjadi secercah harapan bangkitnya gerakan kepemudaan yang konstruktif. Bukan tidak mungkin, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan menjadi ‘matahari’ yang memberikan sinar harapan bagi wilayah-wilayah lainnya untuk segera tergerak.

Share :

Baca Juga

Tangerang Raya

Lapas Kelas I A Tangerang Blok G Terbakar, Diduga 40 Orang Meninggal

Tangerang Raya

Sengketa Aset Sekretariat GPDI Banten, Ketua Akrindo Berharap Terselesaikan Dengan Baik

Tangerang Raya

Aliansi Surati SMA Negeri 8 Kota Tangerang, Terkait PPDB T.A 2021/ 2022 Diduga Bermasalah

Tangerang Raya

Gelar Pengukuhan GRIB PAC Jatiuwung dan Santunan Anak Yatim Dihadiri Sesama Ormas

Tangerang Raya

Tolak Permohonan Data Dari LSM, Camat Batu Ceper Memilih Diam Seribu Bahasa Saat Dikonfirmasi Wartawan Keterangan

Tangerang Raya

Yasonna Laoly: Kondisi Warga Binaan Korban Kebakaran Lapas Tangerang Alami Trauma Berat dan  Mengkhawatirkan

Tangerang Raya

Bangunan Revitalisasi SMA Negeri 25 Kabupaten Tangerang  tak Sesuai  Spesifikasi

Banten

KORMI Banten Minta PJ Gubernur Evaluasi Kepsek SMAN Yang Tolak Siswa Berprestasi Dalam Bidang Olahraga

Contact Us