Home / Daerah / Humbang Hasundutan / Metropolitan / Nasional / Politik / Regional / Sumut

Kamis, 7 Maret 2024 - 19:56 WIB

Maraknya Kampanye Stiker Lewat Media Sosial, Di Goreng Goreng Maju Di Pilkada Humbahas Tahun 2024

IDN Hari Ini, Humbang Hasundutan- Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi belum mengumumkan hasil Pemilu serentak Pilpres dan Pileg, namun sejumlah partai politik di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) sudah mulai bersiap untuk menghadapi Pilkada tahun 2024 .

Sehingga sejumlah tokoh dan juga para simpatisan mulai aktif dan semakin intens mengoreng – gorengkan calon para kandidatnya di media sosial sebagai platform komunikasi dengan masyarakat, tampak terlihat juga masing-masing memberi masukan dan saling menjatuhkan diantara satu dengan lainnya.

Berdasarkan informasi langsung yang diterima dari salah satu Media Nasional (SIB), FS menyampaikan , bahwa sesuai hasil rekapitulasi KPU Humbahas, hanya Partai Golkar yang sudah memastikan tiket untuk bisa mengusung calon sendiri di Pilkada Humbahas dengan perolehan 9 kursi, artinya peraihan kursi partai beringin sudah di atas 20 persen atau lebih dari 6 kursi dari jumlah 30 kursi DPRD Humbahas.

Sementara partai lainnya, yaitu Partai Hanura yang berada di posisi kedua dengan raihan 5 kursi belum bisa mengusung calon sendiri dan harus berkoalisi dengan partai lain, karena masih kurang 1 kursi lagi.

Partai Nasdem yang berada di posisi ketiga dengan raihan 4 kursi juga belum dapat mengusung calon sendiri dan harus berkoalisi dengan partai lain, artinya masih kurang 2 kursi lagi.

Sama halnya dengan partai lainnya yang memperoleh kursi di DPRD Humbahas yaitu Partai Perindo (3 kursi), Partai Gerindra (3 kursi), PDIP (2 kursi), PSI (1 kursi), PAN (1 kursi), PKB (1 kursi) dan Partai Demokrat (1 kursi) juga harus berkoalisi agar bisa mengusung calon bupati/wakil bupati.

Baca Juga  Penemuan Mayat Di Hilirisasi Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias

Berkaca dari perolehan kursi DPRD itu, sejumlah nama sudah mulai di goreng-goreng bakal meramaikan bursa calon bupati/wakil bupati di Pilkada Humbahas tahun 2024, dan sudah tersebar di media sosial.

Adapun nama-nama yang santer beredar bakal berebut kursi Humbahas satu di antaranya, Lamhot Sinaga, anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Partai Golkar, Dr Oloan Paniaran Nababan yang juga Wakil Bupati Humbahas (Petahana) sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Humbahas, Ir Harry Marbun yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Humbahas.

Irwan Simamora, yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Sumut dari Partai Hanura dan sudah mengamankan untuk duduk kembali di kursi DPRD Provinsi Sumut dan juga sebagai Ketua DPC Partai Humbahas Hanura.

Selanjutnya, Hendri Tumbur Simamora yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Humbahas dan salah satu caleg dari Partai Gerindra Dapil I Humbahas dan bakal duduk di DPRD Humbahas.

Ada juga Ketua DPD Partai NasDem Humbahas Ir Yanto Sihotang yang dikenal sebagai pentolan kotak kosong saat melawan calon tunggal bupati/wakil bupati di Pilkada Humbahas tahun 2020 lalu.

Selain itu, ada juga Pantur Banjarnahor, abang kandung Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Sumut dari PDIP dan diprediksi bakal duduk kembali di kursi DPRD Provinsi Sumut.

Berikutnya, Jhonny Allen Marbun, mantan anggota DPR RI Partai Demokrat, Dr Pardomuan Simanullang, mantan Camat Doloksanggul Sadar Sinaga dan Rebekka Lumban Batu, satu-satunya srikandi yang diprediksi ikut bertarung di Pilkada Humbahas.

Baca Juga  Samosir Danau Toba Negeri Kepingan Surga

Kembali , FS juga menyampaikan bahwa Harry Marbun saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Rabu (6/3/2024), menegaskan dirinya siap untuk maju di Pilkada Humbahas.”Sebagai kader partai, kita siap menerima perintah DPP saja,” kata Harry.

Dia juga mengatakan, sesuai dengan arahan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, sebelum Pemilu 2024, untuk daerah yang berhasil dengan persentase hasil yang luar biasa, akan memberikan prioritas bagi kadernya untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024.”Kita tunggu saja penetapan KPU untuk Paslon Bupati/Wakil Bupati untuk Kabupaten Humbang Hasundutan,” katanya.

Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan, saat dikonfirmasi melalui Hp selulernya, Kamis, (7/2), meskipun partainya hanya dapat meraih 2 kursi di DPRD Kabupaten /Kota sesuai hasil rekapitulasi tingkat kabupaten, dirinya tetap berkeyakinan akan ikut maju jadi calon Bupati Humbahas.”Saya akan tetap beroptimis ikut maju menjadi calon Bupati Humbahas dan berkoalisi dengan partai lain.

Terkait nantinya hasil yang didapat biarlah masyarakat yang menentukan dan juga menilai bagaimana selama ini kinnerja yang saya lakukan sebagai wakil bupati Humbahas.

Saya tetap cinta dan sayang terhadap seluruh masyarakat Humbang Hasundutan khususnya, tanpa ada perbedaan yang saya buat, tetap merangkul dan mengayomi masyarakat yang ada sesuai janji yang telah diamanahkan kepadanya.

Saya lebih bagus diam , akan tetapi tetap selalu berbuat dan bertindak yang terbaik berdasarkan hati nurani saya. Lebih bagus kerja nyata dari pada kerja kata-kata dalam merangkul dan mengayomi masyarakat. “Saya tak akan bosan – bosannya melakukan yang terbaik buat masyarakat, baik duka maupun sukacita,i. Inilah prinsip saya ketika beliau menjadi anggota TNI-AD.

Baca Juga  Wabup Samosir Hadiri Peresmian Pembangunan Gereja Katolik Santo Henrikus Ronggurnihuta

Intinya sebagai Wakil Bupati Humbang Hasundutan , biarlah masyarakat Humbang Hasundutan yang menilai saya , yang penting saya tidak pernah menyakiti masyarakat yang ada , saya tidak pernah melakukan intervensi kepada para ASN yang ada. Tetap kita pada program berkelanjutan sesuai Visi Misi.

Hal yang sama juga disampaikan Irwan Simamora. Dia mengatakan, sebagai putra asli daerah Humbahas dan dengan pengalamannya sebagai anggota DPRD Humbahas selama tiga periode dan hampir satu periode jadi anggota DPRD Provinsi Sumut, dia juga menyatakan akan ikut maju jadi calon Bupati Humbahas dengan membawa slogan “Bersama Membawa Kebaikan”.

“Saya siap maju sebagai calon Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan,” kata alumni Fakultas Hukum Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli itu.

Terpisah, Yanto Sihotang juga menyatakan hal sama akan ikut maju jadi calon Bupati Humbahas dan berkoalisi dengan partai lain yang memiliki kursi di DPRD Humbahas.

“Untuk bisa maju jadi calon Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan, kita hanya butuh dua kursi lagi. Empat kursi sudah kita amankan. Jadi kita wajib berkoalisi dengan partai lain untuk bisa maju. Yang pasti saya menyatakan siap untuk maju jadi calon Bupati Humbang Hasundutan,” ucapnya. (Manda)

Share :

Baca Juga

Daerah

Wali Kota Gunungsitoli Hadiri Musrenbang RKPD 2025 Sumatera Utara

DKI

Panglima TNI Gagas Latihan Bersama Solidity Exercise di Natuna Utara

Daerah

Komitmen Bersama Rembuk Stunting Propinsi Sumatera Utara Ditanda Tangani Bupati Samosir Pada Musrembang RKPD 2025

Daerah

Fantastis!!! Biaya Perjalanan Dinas Di Dinkes Tulungagung Capai 25 Miliar Rupiah

Metropolitan

Vaksin Tahap Ke-21 Percepatan Dan Perluasan Vaksinasi Berlanjut

Daerah

Pemkab Samosir Resmi Membuka Asistensi Teknis Dan Pengembangan Kapasitas Kebijakan Kelembagaan TPPS Samosir

DKI

Usungan Partai Golkar, Gibran : Tenang Saja pak, “Saya sudah ada disini”

Daerah

Uniknya Perayaan Kemerdekaan RI ke-78 di Desa Kaliwiro – Wonosobo, Menonton Film Layar Tancap dengan Pesan Edukasi

Contact Us