Home / Daerah / Metropolitan / Nasional / Nias / Regional / Sumut

Selasa, 2 April 2024 - 20:16 WIB

Promosi Gemar Makan Ikan, dihadiri Wali Kota Gunungsitoli

IDN Hari Ini, Gunungsitoli- Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, S,E,.M.Si didampingi Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli Ny. Veny Sowa’a Laoli, menghadiri acara Promosi Gemar Makan Ikan yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Kota Gunungsitol, bertempat di Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli. Selasa (02/04/2024).

Mengawali sambutannya Wali Kota Gunungsitoli mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan karuniaNya sehingga kita dapat hadir di tempat ini dalam rangka Promosi Gemar Makan Ikan di Kota Gunungsitoli yang dikoordinir oleh Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli, dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Gunungsitoli Ke-346 Tahun 2024.

Bahwa target angka konsumsi ikan nasional 60 Kg per kapita per tahun, dan hingga bulan oktober 2023 angka konsumsi ikan nasional mencapai 56,48 Kg per kapita per tahun.

Sedangkan Produksi Perikanan Kota Gunungsitoli Tahun 2023 sebesar 7.163 ton terdiri dari Perikanan tangkap sebesar 7.068 ton dan Perikanan Budidaya sebesar 95,24 Ton dengan capaian angka konsumsi sebesar 42,90 kg per kapita per tahun. Maka dihubungkan dengan target nasional angka konsumsi ikan Kota Gunungsitoli mencapai 71,5% dari target nasional.

Baca Juga  Presiden Jokowi Resmi Buka PON XX Di Papua

Gerakan makan ikan (Gemarikan) adalah gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang cerdas, sehat dan kuat. Gemarikan merupakan salah satu kegiatan yang sangat relevan sebagai sumber protein tinggi dan memiliki beragam keunggulan dibanding produk hewani lainnya, diantaranya : mengandung asam lemak omega 3 tinggi untuk perkembangan mata, otak dan jaringan syaraf, asam lemak omega 3 yang mengandung EPA dan DHA untuk mencegah radang sendi pada manula; komposisi asam amino lengkap dan mudah dicerna serta diserap tubuh; mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke; mencegah penurunan penglihatan dan kebutaan pada usia lanjut; sumber vitamin D dan kalsium bagi pertumbuhan tulang; dan sumber vitamin B12 untuk kesehatan tulang dan menghindari pengeroposan tulang.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Desa Cangkoak Polsek Dukupuntang Polresta Cirebon, Laksanakan Sambang Warga

“Berkenaan dengan pentingnya mengkonsumsi daging ikan dalam perbaikan gizi keluarga dan masyarakat, maka pada kesempatan ini saya mengharapkan dukungan dan kerjasama seluruh komponen masyarakat, agar tetap mendengungkan dan menggiatkan promosi makan ikan sebagai sumber protein hewani, terlebih-lebih kepada ibu hamil, menyusui, balita dan anak-anak, dan seluruh kalangan masyarakat sehingga pada akhirnya kita dapat mewujudkan masyarakat Kota Gunungsitoli yang Sehat, Kuat dan Cerdas, tegas Wali Kota.

Pada akhir sambutannya Wali Kota Gunungsitoli memberikan kuis berhadiah sepeda kepada peserta lomba Yel-yel dan Puisi bertema Gemar Makan Ikan, yang diikuti oleh Siswa/I SD Se-Kota Gunungsitoli. Hadiah sepeda tersebut disumbangkan oleh mitra Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Baca Juga  H. Sachrudin Ketua DPD Partai Golkar Kota Tangerang, Serahkan Daftar Calon Legislatif Periode 2024-2029 Ke KPUD Kota Tangerang

Kepala Dinas Perikanan Kota Gunungsitoli Mohammad Syarif Siregar SP dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan acara ini, untuk meningkatkan konsumsi ikan secara nasional, khususnya di Kota Gunungsitoli; mendukung program prioritas percepatan penurunan stunting dan pemenuhan gizi masyarakat; sebagai wahana promosi produk perikanan lokal kepada masyarakat luas sekaligus mengenalkan potensi sumber daya kelautan dan perikanan lokal; mendukung pemulihan ekonomi masyarakat melalui penyerapan ikan dan produk olahan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah; serta meningkatkan peranan dan partisipasi pemerintah daerah dan masyarakat dalam rangka peningkatan konsumsi ikan.

Turut hadir Dandim 0213/Nias, Sekda Kota Gunungsitoli, Asisten I Setda Kota Gunungsitoli, Kepala Dinas Pendidikan, Camat Sekota Gunungsitoli, Ketua Dharma Wanita Kota Gunungsitoli.(SG)

Share :

Baca Juga

Daerah

Ledakan Bom Bunuh Diri Di Polsek Astana Anyar Kota Bandung

Budaya

Peserta Lake Toba Bike Adventure 2023, Disambut Hangat Wakil Bupati Dr Oloan Paniaran Nababan SH MH Di Sipinsur

Daerah

Bupati Samosir Dan Direktoral Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR Tanda Tangani Pengelolaan Aset BMN

Cirebon

Kapolresta Cirebon Hadiri Upacara dan Ziarah Dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan 2023

Daerah

“SIPALAWIJA” Sistem Kerja Sama Pemkab Humbahas Dengan Pelayanan Gereja Dan Dinas Dukcapil

Cirebon

Selama Mei-Juli 2023, Satlantas Polres Cirebon Kota Berhasil Tindak Ratusan Knalpot Brong

Nias

Kapolres Nias AKBP Luthfi, S.I.K.Lantik Iptu Sonahami S.H Sebagai Kasat Lantas

Daerah

Pemerintah Humbahas Mendatangani Nota Kesepahaman, Pasca Panen Food Estate Sumut

Contact Us