Home / Cirebon / Daerah / Hukum / Jabar / Metropolitan / Nasional / Regional / TNI/ Polri

Rabu, 13 Desember 2023 - 15:26 WIB

Polresta Cirebon Gelar Apel Siaga Bencana Musim Hujan

IDN Hari ini, Cirebon – Polresta Cirebon menggelar Apel Siaga Bencana di Mapolresta Cirebon dalam rangka Antisipasi Kontijensi Bencana Alam yang terjadi pada musim hujan seperti sekarang dari mulai banjir, longsor, puting beliung, pergerakan tanah, dan lainnya, Selasa (5/12/2023).

Apel siaga bencana tersebut dipimpin langsung Kapolresta Cirebon KOMBES POL ARIF BUDIMAN, S.I.K., M.H., didampingi Bupati Cirebon Drs. H. IMRON, M.Ag, dan Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, LETKOL INF AFRIANDY BAYU LAKSONO, S.Sos., M.I.Pol.

Baca Juga  Peringati Hari Bhayangkara ke-77, Kapolresta Cirebon Pimpin Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Gegunung

Kegiatan tersebut juga diikuti 500 personel gabungan TNI, Polri, pemerintah daerah, dan unsur masyarakat lainnya yang dilibatkan dalam penanggulangan bencana. Selain itu, dalam apel juga turut dilaksanakan pengecekan sarana prasarana penanggulangan bencana dari mulai kendaraan dan peralatan lainnya.

“Apel ini membuktikan kesiapan Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Pemkab Cirebon, dan instansi terkait lainnya dalam menghadapi kontijensi dan penanggulangan bencana alam saat musim hujan di wilayah hukum Kabupaten Cirebon,” ujar KOMBES POL ARIF BUDIMAN, S.I.K., M.H.

Baca Juga  Polres Nias Laksanakan Apel Siaga Tanggap Bencana 2024

Ia mengatakan, dari hasil pemetaan potensi kerawanan bencana sejumlah wilayah Kabupaten Cirebon termasuk kategori rawan bencana banjir, longsor, hingga puting beliung di masa musim hujan seperti sekarang. Karenanya, seluruh personel diminta meningkatkan kewaspadaannya.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan alat SAR terbatas yang akan digunakan dalam penanggulangan bencana alam. Dari mulai perahu karet, pelampung, life jacket, dan kendaraan khusus lainnya. Hal serupa juga dilakukan instansi lainnya sebagai bentuk kewaspadaan dan mitigasi bencana.

Baca Juga  Ratusan Warga Padati Bazar Murah Ramadan Polresta Cirebon

“Seluruh personel Polresta Cirebon hingga Polsek jajaran disiagakan selama 24 jam untuk memberikan respon cepat bersama unsur terkait lainnya membantu warga terdampak bencana seperti banjir dan lainnya, karena kolaborasi antar instansi merupakan keniscayaan dalam penanggulangan bencana,” kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H. (Nr)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Apresiasi Komitmen Bupati Humbahas Dukung Pelayanan Publik

Cirebon

Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon Tindak Tegas Bagi Warga Masyarakat yang Membuang Sampah Sembarangan

Daerah

” Semangat Untuk Bangkit “ Hari Kebangkitan Nasional Diperingati Di Humbang Hasundutan

Daerah

Uniknya Perayaan Kemerdekaan RI ke-78 di Desa Kaliwiro – Wonosobo, Menonton Film Layar Tancap dengan Pesan Edukasi

Nasional

Timnas Indonesia Batal mengikuti Piala AFF U-23

Cirebon

Kapolresta Cirebon Pantau Harga dan Ketersediaan Beras di Wilayah Kabupaten Cirebon

Daerah

Pemkab Samosir Gelar Pelayanan KB Gratis Dalam Rangka HUT Harganas

Daerah

Pemkab Samosir Resmi Membuka Asistensi Teknis Dan Pengembangan Kapasitas Kebijakan Kelembagaan TPPS Samosir

Contact Us