Home / Buru

Sabtu, 1 Oktober 2022 - 07:17 WIB

Dalam Rangka Monitoring dan Evaluasi Revitalisasi Bahasa Buru Sebagai Jantung Kebudayaan di Kabupaten Buru

Namlea(Pulau Buru)Indonesiahariini.com.-Indonesia dikenal dengan memiliki kekayaan budaya yang tak terhingga, salah satunya adalah bahasa Buru. Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak bahasa daerah.

Diketahui Indonesia sendiri memiliki sekitar 742 bahasa daerah, tetapi pada tahun 2020 sekitar 11 bahasa daerah di Indonesia sudah punah karena tidak ada lagi penuturnya, maka dari itu bahasa daerah sangat penting untuk dilestarikan karena Bahasa Buru merupakan bagian dari budaya Indonesia.

Menurut Kepala sekolah.SMP13 Kaiely Asrin, S. Pd., Gr.Pelestarian bahasa buru ini menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi penerus bangsa.Kita sebagai generasi penerus bangsa dapat melakukan berbagai macam cara untuk mencegah kepunahan bahasa daerah termasuk Bahasa Buru

Baca Juga  LAPAS NAMLEA IKUTI KEGIATAN PENGEMBANGAN KOMODITAS JAGUNG DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN

Bahasa Buru ini kita bisa menampilkan beragam jenis budaya di Indonesia, termasuk memperkenalkan bahasa daerah Buru ke masyarakat.kalau perlu kita membuat buku cerita dengan bahasa daerah.karena Salah satu alasan di adakan kunjungan kunjungan Plt Pendidikan pemprov ke SMP 13 Kaieky karna mnurut data darii kantor bahasa. Maluku ada dua(2) bahasa buru yang sudah punah kemudian Hilang.salah satunya Yaitu bahasa kaiely dan juga bahasa masarete,kemudian hal itu dibenarkan oleh camat dalam sambutan singkatnya.”kata kepsek kepada media Indonesiahariini.com.

Kemudian apabila Dengan membuat buku cerita menggunakan bahasa daerah Buru,hal itu sangatlah penting bagi anak-anak sehingga bisa membaca dan mempelajari bahasa daerah dengan cara yang menyenangkan.

Dengan memperkenalkan dan mengajarkan bahasa daerah ke anak-anak sejak dini, hal ini bisa membantu untuk melestarikan bahasa daerah karena anak-anak merupakan masa depan bangsa.”jelas kepsek SMP 13 Kaiely itu.

Baca Juga  Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD, Muh Rum Soplestuny dan dihadiri langsung oleh Penjabat

Dengan membuat konten-konten tentang bahasa daerah di media sosial, kita bisa memperkenalkan bahasa daerah kita ke masyarakat luas, supaya banyak masyarakat Indonesia dan masyarakat luar negeri yang mengetahui bahasa daerah kita kususnya pulau buru.
Selanjutnya Bahasa daerah adalah kekayaan negeri kita dan sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk melestarikannya, karena jika bahasa daerah kita punah maka Indonesia akan kehilangan identitas diri bangsa.

Dalam Rangka monitoring dan evaluasi revitalisasi bahasa buru sebagai jantung kebudayaan di kabupaten buru provinsi maluku.

Baca Juga  Berita menarik! Samapta Polda Maluku Terima Dua Penghargaan Hak Cipta

Dihadiri Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku Sahril, S.S., M.Pd.PLH Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buru Johoria Tan, S.E.
Juga Tim IKAN9 selaku Duta Bahasa Provinsi Maluku (Muhamad Farik Soumena, S.Pd., Indah Mawadah Fitri, Iis Tasrih, S.Pd.) Camat kecamatan Teluk kaiyeli. Kades. Kaiely.Diknas…. Kabid SMP. Kabid SD. Kepala sekolah..SMP13 Kaiely Asrin, S. Pd., Gr.
Wakasek.. Rosliah, S. Pd., Gr
Bendahara.. Safrina Andiani waikabu. S. Pd
Asrul setyawan. S. Pd
Fatimah nace..s.Ag
Siti nurjani.. S. Pd
Siti maryam goa. S. Pd
Widya wati bay. S.pd
Habiba Husain. Spd
Rosita Husain. Spd
Lutfi wael.Abdulah madapongan.Reno rialdi Tomnussa. S. Pd.Abdula Bugis

Jurnal Maluku(Wael Didot)

Share :

Baca Juga

Buru

Berita menarik! Samapta Polda Maluku Terima Dua Penghargaan Hak Cipta

Buru

PERNYATAAN SIKAP IJTI Kecam Penghapusan Video Liputan Jurnalis Molucca TV Oleh Ajudan Gubernur Maluku

Buru

Satpol PP Kabupaten Buru,Bersama Dinas Kesehatan dalam Melakukan Vaksinasi Massal

Buru

Masyarakat Kabupaten Buru Resah Akibat Listrik Sering Padam

Buru

Masyarakat dan Pemuda Gotong Royong Lakukan Perbaikan Jalan Rusak di Desa Parbulu unit 17.sebagai Bentuk Menagih Janji Pemerintah

Buru

Tiga Pembolol Uang Nasabah Bank Maluku Digelandang Kejari P.Buru

Buru

Rusdi SAMPAIKAN Kecewaan Melalui Vidio Terhadap Polres Pulau Buru

Buru

Satreskrim Polresta Pulau Ambon dan Pulau Lease Melakukan Tahap 2 Kasus Dugaan Tindak Pidana Pencabulan Anak di Bawah Umur.

Contact Us