Home / DKI / Nasional

Rabu, 21 Desember 2022 - 13:58 WIB

PJ Gubernur DKI Kerahkan Inspektorat Usut Dugaan Pungli BUMD DKI Di Perumahan Pantai Mutiara

IDN Hari Ini, Jakarta – PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono langung buka suara mengenai dugaan pungutan liar atau pungli yang dilakukan salah satu BUMD DKI Jakarta.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini memastikan kasus tersebut tengah dalam proses yang ditangani Inspektorat DKI Jakarta.

“Lagi ditangani sama Inspektorat,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (20/12/2022).

Terungkap hal sebelumnya, ketika Ketua RW 016 Perumahan Pantai Mutiara, Santoso Halim dipecat dari jabatannya oleh Lurah Pluit usai mengungkap kasus dugaan pungutan liar atau pungli yang dilakukan oleh salah satu BUMD DKI Jakarta.

Baca Juga  Wakil Ketua MPR  Arsul Sani  Amandemen UUD 1945 Hanya PPHN, Bukan Tunda Pemilu

Selanjutnya santoso menyampaikan menerima keluhan warganya soal dugaan praktik pungli dan kejanggalan terkait pengelolaan fasilitas umum dan fasilitas sosial (PSU) di kawasan perumahan elit tersebut.

Tak lama setelah ia menjelaskan keluhan warga terkait dugaan pungli dan kejanggalan itu, beredar surat pemberhentian dirinya sebagai Ketua RW.

Baca Juga  KPU Humbang Hasundutan Lakukan Simulasi Pemungutan, Penghitungan Dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Serta Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (SIREKAP) Tahun 2024

“Surat tersebut ditandatangani oleh Lurah Kelurahan Pluit Sumarno dan disahkan oleh Camat Penjaringan Depika Romadi,” ujar Santoso kepada wartawan, Sabtu (17/12/2022).

Adapun dugaan pungli yang dimaksud Santoso dilakukan oleh, anak usaha BUMD DKI, PT Jakarta Propertindo atau Jakpro.

“Kami memiliki bukti transfer pungutan liar dengan nilai uang sebesar ratusan juta rupiah,” ujarnya.

Terkait hal ini, Santoso telah mengadukan dugaan pungutan liar ini kepada Anggota DPRD DKI Jakarta Gani Suwondo Lie, dan Anggota DPR RI Darmadi Durianto.

Baca Juga  Tumpukan Material Milik PT. Jaya Kontrusi (jakon) Di Dermaga kelas III Sirombu Kab.Nias Barat Yang Di Lakukan PT.IKK Di Kuatirkan Ambruk

Ia pun menyampaikan kepada kedua wakil rakyat tersebut bahwa dugaan pungli di perumahan elit di kawasan Jakarta Utara ini telah berjalan selama bertahun-tahun.

“Fasum Fasos / Prasarana sarana utilitas ( PSU) di perumahan elit tersebut kerap dijadikan ladang bisnis oleh berbagai pihak, termasuk oleh pengembang dan anak usaha dari PT Jakarta Propertindo,” tuturnya.

Share :

Baca Juga

Buru

Antisipasi Terjadinya Pungli Di Bawaslu Kabupaten Buru, Komisioner Bawaslu Harus Di Copot

Daerah

Pengukuhan Siswa Baru Angkatan XII SMA 2 Lintong Nihuta Oleh Kadis Pendidikan Di Hadiri Pemkab Humbahas

DKI

Kasdim 0503/JB Hadiri Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana di Kejaksaan Negeri Jakarta Barat

Cirebon

Berikan Yanmas ,Polsek Utbar Polres Cirebon kota, terima penitipan sepeda motor warga mudik

Cirebon

Jum’at Curhat, Polresta Cirebon Temui Para Santri Pondok Pesantren Al Qolam

Cirebon

Polresta Cirebon Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024

Infografis

Pengambilan Sumpah & Pelantikan 30 Dokter Baru Unpatti Dihadiri Sekda Maluku

Daerah

Awalnya Camat Somolo-molo AH Sebut Warganya Bukan Manusia, Akhirnya Di Periksa Di Polres Nias Bersama Kades, HL Didampingin Oknum PNS, Ketika Dikonfirmasi Jawab Camat, “No Comment”

Contact Us