Home / Internasional

Jumat, 25 Maret 2022 - 07:46 WIB

Rezim Putin Akan Berahir Serang Ukraina

Jakarta, IDN Hari Ini — Mantan agen Badan Intelijen Uni Soviet (KGB), Jack Barsky dan Oleg Kalugin menilai invasi Rusia di Ukraina akan menjadi akhir dari pemerintahan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kalugin, yang merupakan mantan bos KGB sekaligus anggota utama KGB Rusia, mengatakan Putin saat ini sedang berada di akhir masa pemerintahannya. Sebab, ujar dia, sebagian besar warga Rusia meyakini bahwa sang presiden sudah tak lagi dapat dipertimbangkan untuk dipilih.

“Opini publik di Rusia di bawah Putin sama seperti di bawah Joseph Stalin. Bukan masalah berapa banyak orang yang memilih. Ini masalah siapa yang diperhitungkan,” kata Kalugin dalam wawancara dengan News Nation, dikutip Kamis (24/3).

Baca Juga  Pasukan  Ciber Ukraina Serang Rusia

“Bagi sebagian orang, kedengarannya cukup meyakinkan tetapi bagi sebagian besar orang Rusia, sejauh yang saya tahu, Putin sedang dalam perjalanan keluar,” lanjutnya.

Senada, Jack Barsky juga mengatakan Putin saat ini berada dalam penjagaan yang amat ketat usai menyerang Ukraina. Ia menilai, invasi itu akan membuat Putin terjerembab ke dalam situasi buruk.

Baca Juga  Rumah Restorative Justice Diresmikan Kejari Inhil , Bupati : Kami Dukung Semua Demi Keadilan Masyarakat

“Anggap saja ia bisa bertahan dari sini, sebut saja tak ada kudeta melawannya dalam waktu lama. Tapi ia akan menghadapi masalah jika terus melakukan ini (invasi Ukraina) jika banyak tentaranya yang tewas. Ia akan mendapati Afghanistan,” tutur Barsky merujuk pada keruntuhan Uni Soviet usai menginvasi Afghanistan pada 1979.

“Anda tahu, Afghanistan merupakan awal keruntuhan Uni Soviet. Ukraina mungkin saja menjadi awal berakhirnya Putin sebagai diktator,” ia melanjutkan.

Namun demikian, Kalugin menilai Putin tak akan merelakan begitu saja kejatuhan rezimnya. Ia menduga sang presiden akan melakukan berbagai cara agar tetap bisa berkuasa.

Baca Juga  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Mutasi Sejumlah Jenderal

“Dia akan mencoba melakukan semua yang dia bisa untuk tetap berkuasa dan, tentu saja, menyingkirkan semua saingan potensial,” ujarnya.

Putin sebelumnya merupakan mantan anggota KGB seperti keduanya. Ia memimpin KGB usai ditunjuk oleh Presiden Boris Yeltsin.

Penunjukkan Putin sebagai kepala itu disebut menjadi awal kejatuhan Kalugin. Setelah Yeltsin mundur dari bangku Presiden, Putin pun maju mengambil alih kekuasaan tersebut.(idn )

Tag: Ukraina, Rusia, KGB, Invasi

Share :

Baca Juga

Internasional

Media China Heboh  Respon Menko Marves LBP Umumkan  Kesiapan Bali Terima Kedatangan Turis Asing.

Internasional

Rinat Akhmetov : Rusia Negara Agresor dan Putin  Penjahat Perang.

Internasional

Ambisi Putin Hidupkan Uni Soviet

Internasional

Pasukan  Ciber Ukraina Serang Rusia

Internasional

 US Seiakan 600an Rudal Stinger Untuk Ukraina

Internasional

 Hubungan Australia dengan China Memburuk

Health

 Ini Ramalan Terbaru WHO Corona Berakhir?

Internasional

Rusia Makin Brutal Gempur Ukraina Timur, 10 Warga Sipil Tewas

Contact Us