Home / Gorontalo

Selasa, 26 April 2022 - 09:29 WIB

Danrem 133/NW Mengikuti Acara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXVI Tahun 2022

Gorontalo, Indonesiahariini.com -Menindaklanjuti surat dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor T.005/2751/OTDA tentang Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah tahun 2022, Komandan Korem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim, S.I.P mengikuti acara Peringatan ke XXVI Hari Otonomi Daerah Tahun 2022 secara Virtual, yang dilaksanakan di aula Rumah Dinas Gubernur Gorontalo, Jalan Sultan Hassanudin, Kelurahan Heledulaa Selatan, Kota Selatan, Kota Gorontalo. Senin, (25/4/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibie, M.Ap, Karo Rena Polda Gorontalo mewakili Kapolda Kombes Pol Suratno SIK,.M.si, Analis Kinerja, Analis Kinerja Pemerintahan Daerah Kemendagri Bhram Ario Adhi. SH, koordinator bidang intelejen kejaksaan Tinggi Gorontalo Vitarius Purba SH. MH, Karo pemerintahan dan kesra prov. Gorontalo Sri Wahyuni daeng matona.

Kemendagri yang diwakili oleh Sekertaris Jendral Kemendagri Dr. Drs. H. Suhajar Diantoro, M.Si dalam sambutannya melalui Zoom Meeting menyampaikan, dengan sinergi pemerintah pusat dan daerah kita akan menciptakan ASN yang beraklaq untuk menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045.

Baca Juga  Kesigapan, Babinsa Koramil 1314-02/Limboto Bantu Pencarian Korban Tenggelam Selama 2 Hari

“Perayaan hari otonomi daerah ditetap pada tanggal 25 April setiap tahunya, karena pada tahun 1995 pemerintah menyesuaikan urusan daerah dengan pusat sesuai Perpres No. 8 tahun, yang diberikan kepada 26 tingkat daerah percontohan. Kebijakan ini dijadikan tonggak otonomi darerah, sehingga pemerintah menetapakan tanggal 25 April 1996 sebagai hari otonomi daerah,” ucapnya.

Dalam kurun waktu 26 tahun ini terdapat beberapa daerah yang pendapatan PAD nya dibawah 20%, sehingga masih menggantungkan keuangan daerah kepada pemeritah pusat. Ini sangat ironis karena sudah ada otonomi daerah tetapi msih membebankan keuangan pada pemerintah pusat.

Baca Juga  Tingkatkan Karakter Anggota Polri, Polda Gorontalo gelar Pembinaan Rohani dan Mental

“Indonesia adalah negara yang berhasil mengendalikan Covid-19, saat ini virus belum hilang dan lebaran ini masih ada. Tekankan kepada masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan, kami menghimbau kepada ASN untuk tidak melakukan Open House,” imbuhnya.

“Selamat memperingati hari Otonomi Daerah ke-XXVI dengan menciptakan ASN yang berakhlak untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045,” tandasnya.

Danrem 133/NW Brigjen TNI Amrin Ibrahim menyampaikan bahwa Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini mengangkat tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudukan ASN Proaktif Berakhlak Dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah dalam rangka Mewujudkan Indonesia Emas di Tahun 2045.

“Latar belakang kegiatan ini mengacu kepada Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996 tentang Hari Otonomi Daerah, pemerintah pusat dan daerah memperingati Hari Otonomi Daerah ini setiap tahunnya pada tanggal 25 April. dan pada tahun 2022 usia otonomi daerah kita sudah menginjak 26 tahun, usia yang cukup dewasa untuk terus memacu semangat berotonomi daerah ,” ujarnya.

Baca Juga  Sambut HUT Dharma Pertiwi Ke-58, Koorcab Gorontalo Daerah M Gelar Baksos Dan Anjangsana Ke Warakawuri

Brigjen TNI Amrin Ibrahim mengatakan bahwa, maksud dari kegiatan ini adalah sebagai wadah pertemuan bagi pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan refleksi pencapaian terhadap pelaksanaan kebijakan otonomi daerah dalam kerangka NKRI. Tujuannya untuk mengingatkan kembali atas komitmen kita bersama dalam mewujudkan pemerintah daerah yang baik, bersih, transparan dan akuntabel dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Semoga dengan semangat Hari Otonomi Daerah diharapkan dapat merefleksikan kembali makna Otonomi Daerah dan menjadi spirit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri ini ,” tutup Brigjen TNI Armin
(Ida)

Share :

Baca Juga

Gorontalo

Tidak Terima Penetapan Tersangka oleh Sat Reskrim Polres Boalemo, Hakim Tolak Dua Gugatan Pemohon Pra-Peradilan Saling Menggugat

Gorontalo

Relawan Pemadam Kebakaran Dibentuk dan Dilatih BPBD Kabgor.

Gorontalo

Tingkatkan Karakter Anggota Polri, Polda Gorontalo gelar Pembinaan Rohani dan Mental

Gorontalo

Danrem 133/Nani Wartabone Menghadiri Kegiatan Pasar Murah NKRI Peduli Dalam Rangka Stabilitas Harga Barang Kebutuhan Pokok

Gorontalo

Danrem 133/Nani Wartabone Bersama Forkopimda Provinsi Gorontalo Tinjau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi Massal Di Polda Gorontalo

Gorontalo

Jalan di Desa Molas, Tak Kunjung Diperbaiki, Ditanami Pohon Pisang

Gorontalo

Danrem 133/Nani Wartabone Ikuti Kegiatan Pencanangan TNI AD Manunggal Air Bersih Secara Vicon Dengan KASAD

Gorontalo

DPO TERSANGKA OWNER SMART TRADER DITANGKAP SATRESKRIM POLRES POHUWATO

Contact Us