Home / Internasional

Rabu, 16 Maret 2022 - 21:16 WIB

Dialog Rusia –  Ukraina Alot, Putin Ingin Ukraina Netral

Jakarta – Dialog antara Rusia dan Ukraina masih terus berlangsung untuk menemukan solusi diplomatik atas peperangan yang telah berlangsung nyaris tiga minggu. Pihak Rusia menyebut bahwa netralitas Ukraina menjadi fokus pembicaraan tersebut.

Secara terpisah, negosiator utama Moskow mengatakan delegasinya mendorong Ukraina untuk mengambil status yang sebanding dengan Swedia atau Austria, dua negara netral di Eropa Barat.

Rusia dan Ukraina telah mengadakan beberapa putaran negosiasi yang bertujuan untuk menemukan titik temu, dan menghentikan invasi yang diluncurkan oleh pemimpin Rusia Vladimir Putin pada akhir Februari lalu.

Baca Juga  Polresta Cirebon Amankan Kampanye Capres Ganjar Pranowo di UMC

“Status netral Ukraina sekarang sedang dibahas secara serius, tentu saja, di samping jaminan keamanan,” kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov kepada outlet berita bisnis RBK dalam sebuah wawancara seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (16/3/2022).

Baca Juga  Polres Nias Cek SPBU Cegah Kecurangan BBM Saat Arus Mudik 

“Inilah yang sekarang sedang dibahas dalam pembicaraan. Ada kata-kata yang benar-benar spesifik dan menurut saya, kedua pihak hampir menyetujuinya,” tambahnya.

Negosiator utama Rusia, Vladimir Medinsky mengatakan kepada wartawan pada Rabu (16/3) bahwa pembicaraan itu “lambat dan sulit”. Namun, dia mengatakan Kremlin menginginkan perdamaian, “sesegera mungkin”.

Dia menegaskan kembali bahwa masalah inti dalam pembicaraan adalah Ukraina yang “netral”, mengutip status Austria dan Swedia sebagai contoh yang mungkin untuk diikuti.

Baca Juga  RISSC: Jokowi 50 Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

Medinsky menambahkan bahwa masalah lain sedang dibahas, termasuk status semenanjung Krimea, yang dianeksasi oleh Rusia pada 2014, serta wilayah-wilayah yang dikuasai selama bertahun-tahun oleh separatis pro-Moskow. ( idn )

tag: Headline, internasional, Invasi, Ukraina, Rusia, Nato, Sanksi Ekonomi, Alot

Share :

Baca Juga

Internasional

Teror Bom di Afganistan 60 Tewas

Internasional

Jokowi Sandang Gelar Bergengsi Presidensi G20

Internasional

Ambisi Putin Hidupkan Uni Soviet

Internasional

  Korban Meningkat, AS Dinilai Gagal Tangani Covid-19

Internasional

Rinat Akhmetov : Rusia Negara Agresor dan Putin  Penjahat Perang.

Internasional

Bangkai tank Rusia yang Dihajar Rudal Ukraina Berserakan

Internasional

 Hubungan Australia dengan China Memburuk

Health

 Ini Ramalan Terbaru WHO Corona Berakhir?

Contact Us