Home / Internasional

Minggu, 27 Februari 2022 - 17:09 WIB

Pasukan  Ciber Ukraina Serang Rusia

London, idn hariini- Ukraina akan membentuk tentara siber untuk memerangi penyusupan digital Rusia. Seperti dilaporkan Reuters, rencana itu disampaikan Wakil Perdana Menteri Mykhailo Fedorov pada Sabtu (26/2/2022).

Secara eksklusif pekan lalu, Reuters melaporkan Ukraina telah memanggil peretasnya ke bawah tanah untuk membantu melindungi infrastruktur penting dan melakukan misi mata-mata dunia maya terhadap pasukan Rusia.

“Kami sedang menciptakan pasukan teknologi informasi. Akan ada tugas untuk semua orang. Kami terus berjuang di front siber. Tugas pertama ada di saluran untuk spesialis siber,” tulis Fedorov dalam cuitan yang ditautkan ke saluran di aplikasi perpesanan Telegram yang menerbitkan daftar situs internet Rusia terkemuka.

Baca Juga  International Criminal Court (ICC) Memulai Penyelidikan Kejahatan Perang di Ukraina

Saluran Telegram mencantumkan situs internet 31 bisnis besar Rusia dan organisasi negara termasuk raksasa energi Gazprom, produsen minyak terbesar kedua Rusia Lukoil, tiga bank dan beberapa situs internet pemerintah.

Baca Juga  Strategi Militer China  Blokade Pelabuhan dan Bandara Taiwan

Saat invasi Rusia berlangsung, Kremlin.ru, situs resmi Kremlin dan kantor Presiden Rusia Vladimir Putin, dimatikan pada Sabtu (26/2) dalam serangan penolakan layanan (DDoS) terdistribusi.

“Perangkat lunak penghapus data berbahaya ditemukan beredar di Ukraina minggu lalu, menyerang ratusan komputer,” menurut para peneliti di perusahaan keamanan siber ESET.

Kecurigaan jatuh pada Rusia, yang telah berulang kali dituduh melakukan peretasan terhadap Ukraina dan negara-negara lain. Para korban termasuk lembaga pemerintah dan lembaga keuangan.

Baca Juga  Rumah Sakit Ukraina dipenuhi Korban serangan Rusia

Inggris dan Amerika Serikat menyatakan peretas militer Rusia berada di balik serentetan serangan DDoS pekan lalu yang secara singkat membuat situs perbankan dan pemerintah Ukraina mati total sebelum invasi Rusia. ( IDN )

Tag: internasional, Invasi Ukraina Rusia, Sanksi Ekonomi, Nato

Share :

Baca Juga

Internasional

Strategi Militer China  Blokade Pelabuhan dan Bandara Taiwan

Internasional

  Korban Meningkat, AS Dinilai Gagal Tangani Covid-19

Internasional

Bangkai tank Rusia yang Dihajar Rudal Ukraina Berserakan

Internasional

Amrullah Saleh  Gandeng Oposisi Afghanistan, Serang Balik Taliban

Internasional

 US Seiakan 600an Rudal Stinger Untuk Ukraina

Internasional

Kenangan Delegasi Indonesia Dalam Acara Asean Week

Internasional

Presiden Tegaskan Komitmen Indonesia Terkait Ketahanan Iklim dalam Pidato Virtual di PBB

Internasional

Serangan Bom Guncang Afghanistan Tewaskan Komandan Taliban

Contact Us